Peningkatan kreativitas belajar melalui layanan informasi dengan media mind mapping

SARI, INDAH RATNA (2019) Peningkatan kreativitas belajar melalui layanan informasi dengan media mind mapping. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (143kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (210kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (376kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (553kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (50kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan layanan informasi dengan menggunakan media mind mapping dalam meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VIII-B di SMP N 3 Welahan. 2. Memperoleh peningkatan kreativitas belajar melalui layanan informasi dengan media mind mapping kelas VIII-B di SMP N 3 Welahan. Kreativitas belajar merupakan sebuah kemampuan untuk menciptakan gagasan baru atau hal-hal baru dalam proses belajar, sehingga dapat menciptakan kombinasi baru dalam kegiatan belajar dan mampu untuk meningkatkan kempuan dalam belajar. Layanan informasi adalah salah satu layanan bimbingan dan konseling yang memberikan berbagai informasi kepada peserta didik. Layanan informasi bertujuan menambah wawasan siswa, bisa untuk lebih mengenali dirinya sendiri dan untuk mempermudah siswa dalam mengambil sebuah keputusan.Mind mapping merupakan salah satu cara mencatat yang kreatif dan efektif sesuai dengan peta pikiran. Dengan menggunakan media mind mapping siswa lebih kreatif dalam mengemukakan gagasan pemikirannya, siswa lebih kreatif dalam mengingat pembelajarannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalah 28 Siswa di SMP N 3 Welahan. Variabel penelitian: layanan informasi dengan media mind mapping (variabel bebas) dan kreativitas belajar (variabel terikat). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus kegiatan yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan selanjutnya akan melakukan analisis dan refleksi. Hasil obervasi skala instrumen penelitian kreativitas belajar terhadap siswa kelas VIII A pada pra siklus siswa yang memiliki kreativitas belajar dalam kategori kadang-kadang ada sebanyak 3 siswa dan yang mendapatkan kategori tidak pernah ada 28 siswa. Pada pra siklus mendapatkan rata-rata skor sebanyak 16 dan persentase 40% dan masuk dalam kategori tidak pernah. Pada siklus I dalam katgori kadang-kadang ada 27 siswa dan yang masuk dalam kategori sering ada 3 siswa dan mendapatkan rata-rata sebesar 24 (60%) dengan kategori kadang-kadang. Terakhir pada siklus II siswa yang masuk dalam kategori sering ada 28 siswa dan yang masuk dalam kategori selalu ada 3 orang dan mendapatkan skor rata-rata sebesar 31 dengan persentase 77% dan masuk dalam kategori sering. Dari hasil observasi skala instrumen penilaian kreativitas belajar dapat disimpulkan mulai dari pra siklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan dengan kategori sering. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa layanan informasi dengan media mind mapping dapat untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Welahan dinyatakan diterima. Berdasarkan temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Siswa SMP Negeri 3 Welahan, diharapkan selalu memiliki kreativitas belajar yang tinggi dan lebih baik lagi karena dapat menunjang prestasi belajar mereka, selain itu juga dpat menunjang kehidupan mereka saat ini maupun masa depannya kelak. Serta dapat meningkatkan kualitas diri yang dimiliki oleh masing-masing siswa. 2. Guru BK SMP Negeri 3 Welahan, diharapkan dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling, agar layanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengatasi permaslahan yang sedang dialami. 3. Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Welahan, diharapkan dapat memfasilitasi segala sesuatu yang berkaitan dengan pemberian layanan yang dilakukan oleh guru BK untuk dapat meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling bagi siswa SMP Negeri 3 Welahan. Kepada Peneliti selanjutnya, diharapkan kepada peneliti selanjutnya yang melakukan praktik di SMP Negeri 3 Welahan dengan teori-teori atau materi layanan bimbingan dan konseling khususnya pada layanan informasi dengan media mind mapping untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa dapat lebih baik lagi dalam proses pelaksanaan dan hasil yang dicapainya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Indah Lestari, M.Pd., Kons NIDN : 0610118701 Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons NIDN : 0629086302
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Layanan Informasi, Mind Mapping
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 30 Sep 2019 06:17
Last Modified: 30 Sep 2019 06:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11597

Actions (login required)

View Item View Item