Mengatasi agresi verbal melalui konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement di sma negeri 1 rembang

PRAWITASARI, YUNI (2019) Mengatasi agresi verbal melalui konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement di sma negeri 1 rembang. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (706kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (225kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (328kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (273kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (134kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah sesuai dengan hasil observasi dan pengamatan penulis terhadap siswa pada Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP II) pada tanggal 16 Juli -17 September dan dilanjutkan kembali dengan wawancara dan observasi oleh peneliti pada bulan Februari 2019, diketahui ada beberapa siswa kelas XI yang terindikasi agresif verbal, seperti selalu menyerang dengan kata-kata atau selalu mengancam secara verbal, memburuk-burukkan orang lain atau mencela. Rumusan masalah: 1. Faktor-faktor apakah yang menyebabkan perilaku agresif verbal pada siswa SMA Negeri 1 Rembang? 2. Bagaimana penerapan konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement dalam mengatasi perilaku agresif verbal pada siswa SMA Negeri 1 Rembang? Tujuan penelitian: 1. Menemukan faktor-faktor penyebab perilaku agresif verbal pada siswa SMA Negeri 1 Rembang. 2. Mendeskripsikan penerapan konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement dalam mengatsi perilaku agresif verbal pada siswa SMA Negeri 1 Rembang. Manfaat penelitian; 1. Manfaat teoritis; memberikan sumbangan kepda pengembangan penelitian layann bimbingan dan konseling melalui konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement untuk mengatasi agresif verbal. 2. Manfaat praktis; a. Siswa tidak lagi melalukan perilaku agresif verbal setelah pemberian konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement. b. Guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan hasil penelitian untuk meningkatkan mutu pelaksanaan konseling individual terhadap siswa di SMA Negeri 1 Rembang menggunakan konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement. c. Peneliti selanjutnya mampu berkontribusi dalam mengatasi perulaku agresif verbal yang dialami oleh siswa SMA Negeri 1 Rembang melalui konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan konseling rational emotive behaviour therapy teknik reinforcement. subjek penelitian 1 siswa yaitu FR yang terindikasi perilaku agresif verbal. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian; Klien (FR) Berbicara sering membuat sakit hati. Melalui layanan konseling individu teknik reinforcement yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dapat mengatasi perilaku FR yang berbicara sering membuat sakit hati.. Melalui layanan konseling individu teknik reinforcement yang dilaksanakan tiga kali pertemuan dapat mengatasi perilaku suka mengejek ornag lain yang dilakukan oleh klien. Hasil Penelitian dan Pembahasan membuktikan bahwa teknik reinforcement yang diberikan kepada klien (FR) kurang lebih memberikan perubahan pada klien. Klien sudah berani menngakui penyeselannya atas perilaku agresif verbal yang telah klien lakukan. Sehingga klien merasa sadar untuk mengontrol perilakunya di kemudian hari. Dengan menggunakan konseling rational emotive behaviour therapy yang menerapkan tahap pembinaan hubunga, tahap kognitif (pengelolaan pemikiran dan pandangan, tahap pengelolaan afektif dan emotif, serta tahap pengelolaan tingkah laku yang didalamnya terdapat langkah-langkah dari teknik renforcment yaitu: a.Menentukan target perilaku yang ingin ditingkatkan, b.Menentukan data awal perilaku, c. Menetapkan penguatan yang bermakna, serta d.Menentukan jadwal pemberian penguatan. Berdasarkan langkah-langkah tersebut klien dirasa melakukan perubahan atas perilakunya dengan begitu klien berhak untuk diberikan hadiah atau reward. Penelitian ini hendaknya diharapkan kepada siswa untuk selalu menjaga hubungan sosialnya dengan teman, kepada guru BK dapat menggunakan hasil pertemuan peneliti untuk lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa di SMA Negeri 1 Rembang, dan untuk peneliti diharapkan agar kedepannya lebih dapat melatih kesabaran dan meningkatkan kemampuannya dalam hal memberikan bantuan konseling kepada siswa dengan menerapkan teknik-teknik dalam konseling sesuai dengan permasalahan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Indah Lestari, S.Pd, M.Pd., Kons NIDN : 0610118701 Pembimbing 2 : Edris Zamroni, S.Pd, M.Pd NIDN : 0616069001
Uncontrolled Keywords: Agresif Verbal, Rational Emotive Behaviour Therapy, Reinforcement.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 30 Sep 2019 06:23
Last Modified: 30 Sep 2019 06:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11599

Actions (login required)

View Item View Item