Peningkatkan komunikasi antarpribadi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran

YAHYA, VIVI ELITA (2019) Peningkatkan komunikasi antarpribadi melalui layanan penguasaan konten dengan teknik bermain peran. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah : 1. Mendiskripsikan layanan penguasaan konten menggunakan teknik bermain peran dalam peningkatkan komunikasi antar pribadi pada siswa TK Pertiwi Bulungcangkring Jekulo, 2. Diperolehnya peningkatan komunikasi antar pribadi melalui layanan Penguasaan konten dengan teknik bermain peran pada siswa TK Pertiwi Bulungcangkring Jekulo. Komunikasi antar pribadi merupakan proses interaksi penyampaian informasi, ide dan sikap antara dua orang atau lebih yang menjalin hubungan komunikasi baik sebagai komunikan dan komunikator yang saling bertukar pesan secara langsung dan tidak langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Subjek yang diteliti siswa dari kelas A kecil. Penelitian ini dilakukan 2siklusnyasetiap pertemuan ada 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/ pengamatan, dan refleksi. Penelitian yang dilakukan di TK Pertiwi Bulungcangkring subjeknya adalah kelas A kecil. Variabel yang digunakan dua variabel yaitu, variabel bebas (X) Layanan Penguasaan Konten Teknik Bermain Peran dan variabel terikat (Y) Komunikasi Antar Pribadi. Jenis penelitian ini adalah PTBK dengan beberapa tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan, 4. Refleksi, yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan. Hasil penelitian diketahui dari komunikasi antar pribadi terhadap 14 subyek pada pra siklus dengan jumlah 216 dan memperoleh skor rata-rata 39% dengan kategori sangat kurang (SK), kesuliatan mengkomunikasikan pikiran dan perasaan, kurang berempati, kesulitan dalam memberikan dukungan, kurang dalam menyatakan sikap positif diri sendiri dan orang lain, rendahnya kemampuan mendengarkan siswa, kurang rasa berani dan percaya akan diri sendiridan orang lain, cenderung menutup diri dengan lingkungan sekitar, kurang sikap hangat saat berinteraksi, kurang bersikap asertif, rendahnya orietasi kepada orang lain. Setelah diberikan layanan penguasaan konten teknik bermain peran pada siklus I dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga dengan jumlah 335 dengan rata-rata prosentase 60% kategori (kurang), pada siklus II pertemuan pertama, kedua ketiga mendapatkan jumlah 485 dengan rata-rata 87% dengan kategori (Sangat Baik). Dari observasi aspek komunikasi antar pribadi dapat disimpulkan bahwa siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Simpulan dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan komunikasi antar pribadi siswa setelah diberi layanan penguasaan konten teknik bermain peran pada siswa kelas A kecil TK Pertiwi Bulungcangkring dapat diterima, hal ini terbukti setelah diberi layanan penguasaan konten siklus I diperoleh skor penilaian terhadap peneliti pada high touch sebesar 58% dengan kategori cukup. Sedangkan pada high tech sebesar 60% dengan kategori baik. Siklus II diperoleh skor penilaian terhadap penelitipaga high touch sebesar 74% dengan kategori baik, sedangkan pada high tech sebesar 76% dalam kategori baik.Hasil dari high touch dan high tech dapat disimpulkan bahwa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Berdasarkan temuan di lapangan, disarankan kepada:1. Kepala sekolah, diharapkan dapat memfasititasi segala sesuatu yang berkaitan dengan pemberian layanan yang dilakukan guru BK. 2. Guru kelas/pembimbing, dapat memaksimalkan layanan bimbingan konseling di sekolah, agar layanan BK dapat membantu siswa secara seutuhnya dalam mengatasi permasalahan yang dialami. 3.Siswa-siswi, diharapkan siswa-siswi memiliki dalam hal komunikasi antar pribadi yang baik dan lebih baik lagi karena dalam keidupan tidak lepas dari komunikasi dan bisa menunjang perkembangan bahasa. 4 Peneliti, dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau referensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan penguasaan konten teknik bermain peran pada pembelajaran lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Drs. Masturi M.M
Kata Kunci: Komunikasi Antar Pribadi, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Bermain Peran.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2019 05:56
Last Modified: 01 Oct 2019 05:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11636

Actions (login required)

View Item View Item