Penerapan rational emotive behavior therapy teknik assertif training untuk mengatasi self-esteem rendah pada siswa smk pgri 1 mejobo kudus

LESTARI, ERINA GITA (2019) Penerapan rational emotive behavior therapy teknik assertif training untuk mengatasi self-esteem rendah pada siswa smk pgri 1 mejobo kudus. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (973kB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (663kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (556kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (631kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (205kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (308kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan Self-esteem rendah pada siswa SMK PGRI 1 Mejobo Kudus, 2. Untuk teratasinya Self-Esteem rendah melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy teknik Assertif Training pada siswa SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Self-Esteem rendah merupakan penilaian yang negatif terhadap diri sendiri yang diakibatkan oleh pemikiran yang tidak relevan dalam menjalani kehidupan di khususnya dilingkungan sekolah. Untuk membantu siswa yang memiliki Self-Esteem rendah, maka peneliti berupaya untuk menerapkan pendekatanRational Emotive Behavior Therapy. Rational Emotive Behavior Therapy adalah proses pemberian bantuan kepada konseli oleh konselor untuk menghilangkan pemikiran emosional yang negatif yang dapat merusak diri sendiri. Dengan menggunakan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy diharapkan ada perubahan dalam pemikiran dan pandangan terhadap Self-esteem yang rendah. Dalam penelitian ini penggunaan Konseling Rational Emotive Behavior Therapy juga dibantu dengan teknik Assertif Trainning, yaitu cara untuk melatih konseli secara bertahap dan memberikan penyadaran bahwa perasaan dan sikap itu hanya disebabkan oleh penilaian dan persepsinya terhadap diri sendiri yang keliru dan tidak rasional. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang memiliki Self-esteem (harga diri) rendah sebanyak dua siswa (J dan SA). Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan cara mendeskripsikan hasil dari mengumpulkan data oleh peneliti yaitu pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan kunjungan rumah secara mendalam sehingga nantinya mendapatkan data yang akurat terhadap permasalahan yang diteliti yaitu permasalahan tentang Self-esteem rendah Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian menunjukkan penyebab J dan SA memiliki Self-Esteem rendah disebabkan konseli J mengembangkan pemikiran yang negatif terhadap dirinya sendiri yang merasa lemah karena menjadi bahan bullyan oleh teman-temannya. Konseli SA mengembangkan pemikiran negatif terhadap teman-temannya, merasa minder karena dia berasal dari keluarga yang kurang mampu, sedangkan teman-temannya dari keluarga yang mampu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) teknik Assertif Trainning. Dari hasil konseling kedua siswa tersebut, mereka dapat meningkatkan Self-Esteem dalam kehidupannya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa tingkat keberhasilan teknik Assertif Trainning efektif digunakan untuk mengatasi Self-Esteem rendah pada siswa, sehingga siswa berkembang secara optimal. Hal ini dibuktikan adanya perubahan pola pikir maupun perasaan dan perilaku konseli. Konseli mampu meningkatkan Self-Esteem, selain itu terjadi perubahan pola pikir negatif menjadi positif dan perilaku siswa. Peneliti memberikan saran: 1) Siswa yang memiliki Self-Esteem rendah dalam kehidupannya diharapkan dapat mengelola persepsi, lebih memahami keadaan yang ada pada dirinya, melatih diri untuk bersikap assertif dan berani serta memahami dampak yang ditimbulkan oleh Self-Esteem rendah yang dimilikinya. 2) Untuk pengembangan penelitian selanjutnya, maka bagi peneliti nantinya dalam upaya menangani Self-Esteem rendah dalam kehidupannya hendaknya lebih memahami kondisi konseli dalam menghadapi kesulitan-kesulitan yang muncul terkait dengan permasalahan yang dialami oleh konseli dan menggunakan berbagai teknik lebih bervariatif sesuia dengan permasalahan yang dialami oleh konseli. Selain itu dalam melakukan penelitian lebih memperbanyak referensi agar mempunyai cukup informasi dan data dalam melakukan penelitian dan akan lebih mudah dalam menerapkan pendekatannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, M.Pd. Pembimbing 2 : Indah Lestari, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Rational Emotive Behavior Therapy,teknik Assertif Training, Harga diri (Self-esteem) rendah.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 01 Oct 2019 06:10
Last Modified: 01 Oct 2019 06:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11639

Actions (login required)

View Item View Item