Penerapan bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan penerimaan diri anak panti asuhan nurul jannah

WIJAYANTI, JULIA (2019) Penerapan bimbingan kelompok teknik self management untuk meningkatkan penerimaan diri anak panti asuhan nurul jannah. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (766kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan bimbingan kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan penerimaan diri anak Panti Asuhan Nurul Jannah, 2. Memperoleh peningkatan penerimaan diri anak Panti Asuhan Nurul Jannah melalui bimbingan kelompok teknik self management. Penerimaan diri adalah keadaan dimana individu mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan baik, sehingga mampu memahami diri sendiri baik kelebihan maupun kekurangan yang ada pada dirinya sendiri. Bimbingan kelompok merupakan salah satu layanan bimbingan konseling yang dilakukan oleh konselor kepada sekelompok individu dengan memanfaatkan dinamika kelompok dan membahas topik yang yang bertujuan agar individu menambah pengetahuan, wawasan, serta mengembangkan potensi yang dimiliki, dalam hal ini terkait dengan meningkatkan penerimaan diri anak Panti Asuhan. Teknik Self Management merupakan suatu teknik dalam proses tingkah laku yang mana individu mampu mengarahkan, mengontrol, dan mengubah perilaku yang terjadi dengan mengkombinasikan beberapa strategi Oleh karena itu, untuk meningkatkan penerimaan diri anak peneliti berupaya menerapkan bimbingan kelompok dengan teknik self management.. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan dan setiap pertemuan dengan waktu 45 menit. Subjek yang diteliti yaitu 8 anak Panti Asuhan Nurul Jannah yang memiliki penerimaan diri rendah. Hasil penelitian diketahui penerimaan diri sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok diperoleh hasil 48% dengan kategori sangat kurang, selanjutnya siklus I pertemuan ketiga memperoleh persentase sebesar 58% dengan kategori cukup, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10% dari pra siklus. Pada siklus II pertemuan ketiga memperoleh hasil persentase 84% dengan kategori sangat baik sehingga terjadi peningkatan sebesar 26%. Simpulan hasil penelitian ini adalah Terjadinya peningkatan pada penerimaan diri setelah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik self management mengalamai peningkatan dalam setiap pertemuan. Pada pra siklus diperoleh rata-rata 24 (48%) termasuk dalam kategori sangat kurang. Pada siklus I hasil observasi pertemuan pertama memperoleh hasil 54% dengan kategori cukup, pertemuan kedua memperoleh hasil 56% dengan kategori cukup, pertemuan ketiga memperoleh hasil 58% dengan kategori cukup. Pada observasi siklus II pertemuan pertama memperoleh hasil 68% dengan kategori baik, pertemuan kedua memperoleh hasil 72% dengan kategori baik, dan pertemuan ketiga memperoleh hasil 84% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, terjadi peningkatan sebesar 36% dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian dalam menerapkan bimbingan kelompok teknik self management yang telah dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan penerimaan diri anak panti asuhan Pada siklus I pertemuan ketiga memperoleh hasil 71% dengan kategori baik, dan siklus II pertemuan ketiga memperoleh hasil 93% dengan kategori sangat baik. Oleh karena itu, terjadi peningkatan sebesar 34% dari tahap siklus I, dan siklus II. Dengan demikian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management dapat Meningkatkan Penerimaan Diri Anak Panti Asuhan Nurul Jannah. Disarankan kepada: 1. Pemilik Yayasan Panti Asuhan dapat membuat kebijakan agar anggota bimbingan kelompok dapat meningkatkan penerimaan diri, sehingga keadaan panti asuhan nurul jannah akan harmonis dan suasana yang nyaman bagi anak. 2. Pengurus Panti Asuhan, memberikan jalan alternatif melalui bimbingan kelompok teknik self management dan membantu anak untuk meningkatkan penerimaan diri dengan kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan menciptakan kepercayaan diri. 3. Anak Panti, diharapkan dapat meningkatkan penerimaan diri dalam kehidupan yang dijalani, dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya dalam hal penerimaan diri. 4. Peneliti, menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok teknik self management. Maka dari itu, peneliti perlu meningkatkan kemampuan dalam mengaplikasikan layanan bimbingan kelompok supaya kedepannya akan lebih baik lagi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Drs. Sucipto, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Self Management, Penerimaan Diri
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:15
Last Modified: 01 Oct 2019 06:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11643

Actions (login required)

View Item View Item