Peningkatan fokus dalam pembelajaran melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi

CENDEKIA, ALIF ILMAN (2019) Peningkatan fokus dalam pembelajaran melalui layanan bimbingan kelompok teknik simulasi. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal Sampul.pdf - Accepted Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (738kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan latanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan fokus dalam pembelajaran pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati, 2. Diperoleh peningkatan fokus dalam pembelajaran terhadap siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi. Fokus pembelajaran merupakan pemusatan, pengumpulan, penghimpunan sesuatu, pada suatu tempat atau suatu fokus. Jika kata fokus itu kita hubungkan dengan situasi belajar dapat diartikan sebagai pemusatan daya pikiran terhadap suatu obyek yang dipelajari. Layanan bimbingan kelompok adalah layanan kelompok dengan membahas suatu topik melalui dinamika kelompok. Teknik simulasi adalah suatu permainan dengan memperagakan yang bertujuan untuk mempermudah anak dalam memahami dan menerima materi secara menarik, sehingga anak dapat mengenal dirinya sendiri dengan memerankan dirinya dilingkungan sekitar. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK) dengan subyek penelitian adalah 8 siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati yang memiliki permasalahan fokus dalam pembelajaran. Variabel penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dan teknik simulasi (Variabel Bebas) dan fokus dalam pembelajaran (Variabel Terikat). Analisis data dengan menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari siklus I (3 pertemuan) dan siklus II (3 pertemuan), setiap siklus 45 menit dan terdiri dari 4 tahapan. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui fokus dalam pembelajaran siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati pada periode pra siklus memperoleh skor 12 (29%) kategori sangat kurang (SK). Pada siklus I mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 26 (64%) kategori cukup (C). Kemudian pada siklus II juga mengalami peningkatan dengan memperoleh skor 33 (83%) kategori sangat baik (SB). Simpulan penelitian ini sebagai berikut: 1. Aktifitas peneliti dalam memimpin kegiatan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi pada siklus I pertemuan pertama memperoleh skor 62 (62%) kategori cukup (C), pertemuan kedua memperoleh skor 63 (63%) kategori cukup (C), dan pertemuan ketiga memperoleh skor 70 (70%) kategori baik (B). Kemudian pada siklus II pertemuan pertama memperoleh skor 72 (72%) kategori baik (B), lalu pada pertemuan kedua memperoleh skor 76 (76%) kategori baik (B), dan pada pertemuan ketiga memperoleh skor 90 (90%) kategori sangat baik (SB). Jadi hipotesis yang menyatakan “Layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan fokus dalam pembelajaran pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati” dapat diterima karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan. 2. Fokus dalam pembelajaran siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati pada siklus I memperoleh skor 26 (64%) kategori cukup (C), dan pada siklus II meningkat menjadi (83%) dengan skor 33 dan masuk kategori sangat baik (SB). Jadi hipotesis ini menyatakan “Fokus dalam pembelajaran dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas XI MIPA 7 SMA Negeri 3 Pati” dapat diterima karena telah memenuhi kriteria indikator keberhasilan. Saran yang disampaikan peneliti sebagai berikut: 1. Siswa: Siswa diharapkan menyadari mengetahui pentingnya memiliki fokus dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menyerap materi maupun informasi dari guru yang mengajar, 2. Konselor/Guru BK: Guru BK dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi lanjutan untuk meningkatkan fokus dalam pembelajaran siswa tidak hanya untuk siswa kelas XI MIPA 7 saja tapi untuk siswa kelas yang lainnya, 3. Peneliti: Peneliti dapat menjadikan penelitian ini sebagai acuan atau refrensi untuk mengembangkan dan melanjutkan penelitian layanan bimbingan kelompok teknik simulasi untuk meningkatkan fokus dalam pembelajaran, 4. Kepala Sekolah: Kepala sekolah dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung dalam kegiatan bimbingan kelompok teknik simulsi, agar konselor atau guru BK dapat membantu siswa yang bermasalah dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 : Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons Pembimbing 2 : Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd., Kons
Kata Kunci: Fokus dalam Pembelajaran, Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2019 06:37
Last Modified: 01 Oct 2019 06:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11651

Actions (login required)

View Item View Item