NOVIANTI, DEVI (2019) Peningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa kelas. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (145kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (257kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (70kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA .pdf - Accepted Version Download (88kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran-lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (19MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang menunjukan terdapat siswa yang tingkat motivasi belajarnya sangat rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan motivasi belajar siswa tersebut dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X BDP di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahun 2018/2019. 2. Di perolehnya peningkatan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa kelas X BDP di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Metodw pwngumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi dan skala penilaian motivasi belajar. Hasil penelitian menujukan bahwa motivasi belajar siswa ketika prasiklus memiliki kategori yang “Sangat Kurang”. Setelah peneliti memberikan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar keenam siswa tersebut pada Siklus I memiliki kategori “CUKUP” dan pada Siklus II lebih meningkat karena memiliki kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan , dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar. Pada Prasiklus siswa memiliki kategori yang sangat buruk yaitu kategori “Sangat Rendah”. Pada Siklus I memiliki kategori “Cukup” dan Siklus II mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah diadakan layanan bimbingan kelompok. Saran yang dapat diberikan yaitu guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada Siklus I anggota kelompok mendapatkan skor 21,83 dengan prosentase 44% masuk dalam kategori Kurang. Pada pertemuan kedua mendapatkan skor 22,5 dengan prosentase 45% kategori Kurang. Dan pertemuan ketiga mendapatkan skor 23,6 dengan prosentase 47 kategori Kurang. Sedangkan pada Siklus II anggota kelompok mendapatkan skor 32,4 dengan prosentase 65% masuk dalam kategori Cukup. Pada pertemuan kedua mendapatkan skor 34,5 dengan prosentase 69% kategori Baik. Dan pertemuan ketiga mendapatkan skor 39,8 dengan prosentase 80% kategori Baik. Secara garis besar dapat disimpulkan nahwa layanan bimbingan kelompok tyang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 06:29 |
Last Modified: | 05 Oct 2019 06:29 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11662 |
Actions (login required)
View Item |