Peningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa kelas

NOVIANTI, DEVI (2019) Peningkatkan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa kelas. Skripsi Sarjana thesis, UMK.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Download (145kB)
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (494kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (887kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (70kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus yang menunjukan terdapat siswa yang tingkat motivasi belajarnya sangat rendah. Melalui layanan bimbingan kelompok diharapkan motivasi belajar siswa tersebut dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X BDP di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahun 2018/2019. 2. Di perolehnya peningkatan motivasi belajar melalui bimbingan kelompok teknik simulasi pada siswa kelas X BDP di SMK PGRI 1 Mejobo Kudus tahun 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subyek penelitian ini yaitu 6 siswa kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Metodw pwngumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu wawancara, observasi dan skala penilaian motivasi belajar. Hasil penelitian menujukan bahwa motivasi belajar siswa ketika prasiklus memiliki kategori yang “Sangat Kurang”. Setelah peneliti memberikan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar keenam siswa tersebut pada Siklus I memiliki kategori “CUKUP” dan pada Siklus II lebih meningkat karena memiliki kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan , dapat disimpulkan bahwa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok teknik simulasi dalam meningkatkan motivasi belajar. Pada Prasiklus siswa memiliki kategori yang sangat buruk yaitu kategori “Sangat Rendah”. Pada Siklus I memiliki kategori “Cukup” dan Siklus II mendapatkan kategori “Sangat Baik”. Sehingga terjadi peningkatan motivasi belajar yang signifikan setelah diadakan layanan bimbingan kelompok. Saran yang dapat diberikan yaitu guru pembimbing lebih mengembangkan layanan bimbingan kelompok untuk membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada Siklus I anggota kelompok mendapatkan skor 21,83 dengan prosentase 44% masuk dalam kategori Kurang. Pada pertemuan kedua mendapatkan skor 22,5 dengan prosentase 45% kategori Kurang. Dan pertemuan ketiga mendapatkan skor 23,6 dengan prosentase 47 kategori Kurang. Sedangkan pada Siklus II anggota kelompok mendapatkan skor 32,4 dengan prosentase 65% masuk dalam kategori Cukup. Pada pertemuan kedua mendapatkan skor 34,5 dengan prosentase 69% kategori Baik. Dan pertemuan ketiga mendapatkan skor 39,8 dengan prosentase 80% kategori Baik. Secara garis besar dapat disimpulkan nahwa layanan bimbingan kelompok tyang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI BDP SMK PGRI 1 Mejobo Kudus.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing 1 : Drs. Masturi, MM Pembimbing 2 : Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Tanggal Deposit: 05 Oct 2019 06:29
Last Modified: 05 Oct 2019 06:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/11662

Actions (login required)

View Item View Item