Penyelesaian perkara kecelakaan lalu-lintas yang tidak menyebabkan matinya korban di luar peradilan melalui pendekatan restorative justice

MAULANA, MUHAMMAD HILMI (2019) Penyelesaian perkara kecelakaan lalu-lintas yang tidak menyebabkan matinya korban di luar peradilan melalui pendekatan restorative justice. UMK.

[thumbnail of hal. judul]
Preview
PDF (hal. judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (613kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
PDF (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] PDF (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] PDF (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] PDF (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] PDF (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (403kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] PDF (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy

Abstrak

ABSTRAK SKRIPSI Skripsi yang berjudul “Penyelesaian Perkara Kecelakaan Lalu-Lintas yang Tidak Menyebabkan Matinya Korban di Luar Peradilan Melalui Pendekatan Restorative Justice” secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana tata cara pelaksanaan perkara kecelakaan ringan dengan menggunakan mekanisme Restorative Justice. Karena, dalam kenyataan di lapangan, di wilayah hukum Polres Kudus penyelesaian kasus kecelakaan ringan presentasinya lebih banyak diselesaikan dengan menggunakan jalur kekeluargaan, atau disebut dengan metode Restorative Justice. Disamping untuk mengetahui bagaimana implementasinya, skripsi ini juga bertujuan untuk membandingkan lebih efisien dan efektif mana antara penyelesaian dengan mekanisme KUHAP atau Restorative Justice. Metode Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Dalam hal teknik pengumpulan data penulis menghimpun dari data primer dan data sekunder. Setelah data diperoleh maka disusun secara sitematis, untuk kemudian dianalisa sehingga memperoleh kejelasan dari permasalahan yang dibahas. Untuk selanjutnya disusun menjadi skripsi yang bersifat ilmiah. Dari hasil penelitian dapat ditunjukan bahwasannya presentase penyelesaian kasus kecelakaan ringan di wilayah hukum Polres Kudus sangatlah tinggi, hal tersebut terjadi karena Pihak Kepolisian juga menekankan dan memfasilitasi upaya perdamaian terlebih dahulu dibandingkan langsung ke upaya hukum formiil, hal tersebut disampaikan IPDA Nor Alifi, Spd yang menyatakan bahwasanya selama kedua pihak tidak ada yang menuntut, maka penyelesaian perkara tersebut bisa diselesaikan dengan menggunakan mekanisme Restorative Justice. Mekanisme Restorative Justice lebih banyak manfaat positifnya, disamping dapat mengakomodir keinginan semua pihak, Restorative Justice juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang banyak. Pada mekanisme ini, intinya adalah kepada kesepakatan para pihak, pihak kepolisian hanya memfasilitasi saja. Baik penyelesaian perkara dengan menggunakan mekanisme KUHAP maupun mekanisme Restorative Justice keduanya sama-sama memiliki kekurangan dan kelebihan, tetapi semua tetap kembali kepada keinginan para pihak untuk memilih model penyelesaian yang bagaimana.

Item Type: Book
Dosen Pembimbing: dosen pembimbing 1 Dr. Hidayatullah, SH, M.Hum dosen pembimbing 2 Dr. Dra. Hj. Sulistyowati, SH, CN
Kata Kunci: Kepolisian, Mekanisme KUHAP, Restorative Justice.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Patologi sosial. Kesejahteraan publik dan sosial > Administrasi keadilan kriminal
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Aug 2020 06:38
Last Modified: 01 Aug 2020 06:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12422

Actions (login required)

View Item View Item