Penerapan course review horay berbantuan media monopoli tematik untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas v sdn 01 sumbersoko pati

Wijayanti, Rika Novita Setia (2019) Penerapan course review horay berbantuan media monopoli tematik untuk meningkatkan hasil belajar pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas v sdn 01 sumbersoko pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

ABSTRAK Wijayanti, Rika. 2019. Penerapan Course Review Horay Berbantuan Media Monopoli Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Peristiwa Kebangsaan Masa Penjajahan Kelas V SDN 01 Sumbersoko Pati. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus. Dosen Pembimbing (1) Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A. (2) Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model course review horay berbantuan media monopoli tematik dan mengetahui peningkatan keterampilan guru, peningkatan aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan kelas V SDN 01 Sumbersoko. Peneliti melaksanakan penelitian ini di SDN 01 Sumbersoko Pati dengan menggunakan metode penelitan tindakan kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian tindakan kelas pada penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 01 Sumbersoko Pati dengan subjek penelitian yaitu peneliti sebagai guru dan siswa kelas V yang berjumlah 31 siswa. Dalam PTK terdapat beberapa siklus dengan empat pola yaitu perencanaa, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dimana dalam satu siklus terdiri dari dua pertemuan.. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran 72,3% (baik) pada siklus I dan meningkat 82,7% (sangat baik) pada siklus II. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase sebesar 75% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh persentase sebesar 87,5% (sangat baik). Hasil belajar siswa pada ranah psikomotorik pada muatan IPS memperoleh persentase ketuntasan klasikal 68,7% dan Bahasa Indonesia 68,8% di siklus I, kemudian pada siklus II muatan IPS memperoleh persentase 80,8% dan muatan Bahasa Indonesia memperoleh persentase 77,9%. Sedangkan pada ranah pengetahuan meningkat dengan persentase ketuntasan prasiklus pada muatan IPS memperoleh nilai rata-rata 54,25 dengan persentase 29%, pada siklus I meningkat menjadi 74% dengan nilai rata-rata 74,3 dan pada siklus II meningkat menjadi 93,5% dengan nilai rata-rata 82,8. Persentase ketuntasan prasiklus pada muatan Bahasa Indonesia memperoleh nilai rata-rata 49,67 dengan persentase 23%, pada siklus I meningkat menjadi 65% dengan nilai rata-rata 71,9 dan pada siklus II meningkat menjadi 83,9% dengan nilai rata-rata 79,3. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay berbantuan media monopoli tematik dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotorik siswa pada muatan IPS materi narasi dan Bahasa Indonesia materi penjajahan subtema peristiwa kebangsaan masa penjajahan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Erik Aditia ismaya, M.A. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Course Review Horay, Hasil Belajar IPS dan Bahasa Indonesia, Monopoli Tematik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 05 Aug 2020 01:56
Last Modified: 05 Aug 2020 01:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12424

Actions (login required)

View Item View Item