Praktik peran serta masyarakat pada pemberantasan tindak pidana korupsi (study kasus perkara penyalahgunaan wewenang oleh pejabat publik di kabupaten pati)

ULUM, MOH. SYAIFUL (2019) Praktik peran serta masyarakat pada pemberantasan tindak pidana korupsi (study kasus perkara penyalahgunaan wewenang oleh pejabat publik di kabupaten pati). Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (588kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (342kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian berjudul “Praktik Peran Serta Masyarakat Pada Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Study Kasus Perkara Penyalahgunaan Wewenang Oleh Pejabat Publik Di Kabupaten Pati)” bertujuan Untuk mengetahui praktik partisipasi masyarakat dalam pemberantasan tindak pidana korupsi pada kasus yang di teliti. serta Untuk mengetahui model peran serta masyarakat pada pemberantasan tindak pidana korupsi. Metode pendekatan dalam penelitian ini yaitu yuridis normatif, Spesifikasi dalam Penelitian ini yaitu deskriptif analitis, sedangkan sumber datanya adalah data sekunder yang berasal dari bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan, bahan hukum sekunder berasal dari buku-buku, karya tulis ilmiah, serta bahan hukum tersier berupa kamus bahasa Indonesia, kamus hukum. Serta Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik wawancara, Studi kepustakaan dan dokumentasi, dan analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa dalam bentuk partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Penyampaian laporan dari masyarakat tentang indikasi terjadinya tindak pidana korupsi juga bisa dilakukan dalam berbagai cara, baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung kepada kantor penegak hukum, baik melalui telepon, faksimili, ataupun secara online. Dari hasil sinkronisasi, dari masyarakat yang berantusias dan berperan penuh dalam pengawalan tindak pidana korupsi tersebut sudah sesuai dengan peraturan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 junto Undang-Undang Nomor 20 thun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, berbagai peran masyarakat diantaranya adalah mengawal Kasus Dana Hibbah Koni Untuk Persipa, Berdemo dan unjuk rasa di kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Memantau para polisi yang mengadakan penyidikan, Menghadiri Sidang serta mengumpulkan Dana.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 DR. HIDAYATULLAH, SH, MHum Pembimbing 2 DR. SUBARKAH, SH, MHum
Kata Kunci: Praktik peran masyarakat, pemberantasan korupsi
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum publik
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 07 Sep 2020 04:16
Last Modified: 07 Sep 2020 04:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item