Pengembangan model manajemen kurikulum Berbasis penguatan pendidikan karakter Untuk peningkatkan mutu pembelajaran Di sekolah dasar

KUSUMADEWI, SUBEKTI (2019) Pengembangan model manajemen kurikulum Berbasis penguatan pendidikan karakter Untuk peningkatkan mutu pembelajaran Di sekolah dasar. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
Bab VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah memecahkan permasalahan yang terjadi di sekolah dasar. Permasalahan tersebut yakni mulai berkurangnya penerapan pembelajaran yang melibatkan pendidikan karakter. Guru banyak menggunakan diskusi dalam pembelajaran. Sekolah belum bisa mengembangkan manajemen kurikulum yang dapat membantu guru. Manajemen kurikulum yang digunakan guru belum terarah secara konkrit dan membuat peserta didik belum ada minat untuk berubah secara karakternya. Permasalahan ini membuat peneliti mengembangkan Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model Borg dan Gall dengan tujuh langkah saja, di antaranya: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk, 5) revisi produk, 6) uji coba produk, dan 7) revisi produk. Data dalam penelitian ini adalah data tentang manajemen kurikulum yang diperoleh melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Sumber data yakni peserta didik Kelas IV dan guru kelas IV di SD Masehi Kudus, SD Tanwirul Qulub, dan SD 2 Panjunan. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar efektif digunakan dalam pembelajaran di Kelas IV Sekolah Dasar Tema 1 “Indahnya Kebersamaan” Sub Tema 1 “Keberagaman Budaya Bangsaku” dengan hasil rata-rata ketuntasan individual di SD Masehi Kudus mencapai 91%, adapun di SD Tanwirul Qulub dan SD 2 Panjunan mencapai 82%. Ketuntasan klasikal ketiga SD juga sangat tinggi dengan rata-rata ketuntasan klasikal hampir mencapai 100%. Adapun ketuntasan klasikal di ketiga SD secara berturut-turut adalah di SD Masehi Kudus mencapai 100%, di SD Tanwirul Qulub dan SD 2 Panjunan mencapai 95%. Daya serap klasikal juga tergolong tinggi dengan perolehan di masing-masing sekolah sebagai berikut: di SD Masehi Kudus sebesar 91%; di SD Tanwirul Qulub dan SD 2 Panjunan sebesar 82%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Santoso. M.Pd
Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, Penguatan Pendidikan Karakter, dan Mutu Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Sep 2020 02:35
Last Modified: 08 Sep 2020 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12602

Actions (login required)

View Item View Item