Pengaruh teams games tournament berbantuan media mobil bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materibilangan bulat di kelas v sekolah dasar

SAPUTRI, NANI HARDIANI (2019) Pengaruh teams games tournament berbantuan media mobil bilangan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada materibilangan bulat di kelas v sekolah dasar. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep saat pembelajaran matematika di SD Gondosari. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menganalisis perbadaan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas V yang menerima pembelajaran model TGT berbantu media Mobil bilangan dengan siswa yang menerima pembelajaran berpusat pada guru. (2) menganalisis Kriteria Ketuntasan Minimum siswa secara individu dan klasikal pada siswa yang menerima pembelajaran dengan model TGT berbantu media Mobil bilangan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif True Eksperimental Design dengan bentuk Posttest Only Group Design yang dilaksanakan di kelas V SDN Gondosari.Variabel bebas penelitian ini adalah model TGT berbantu media Mobil Bilangan sedangkan variabel terikatnya adalah Kemampuan Pemahaman Konsep. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gondosari tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan berupa tes tertulis uraian untuk mengamati kemampuan pemahaman konsep. Analisis data menggunakan uji ketuntasan belajar dengan One sample t test dan uji z Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan (1) Tidak terdapat perbedaan rata-rata secara signifikansi antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol (2) hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan model TGT tidak mencapai KKM secara individual. Kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V Sekolah Dasar yang menerima Teams Games Tournament berbantuan Mobil bilangan tidak dapat memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara individual yaitu diperoleh P-value>1/2α sehingga pembelajaran Teams Games Tournament tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro., S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Teams Games Tournament, Kemampuan Pemahaman Konsep, Mobil
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:21
Last Modified: 11 Sep 2020 01:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item