Penerapan model think pairs share berbantuan media pop-up book untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema 8 kelas iv sd 1 gulang

Sari, Dewi Maulida (2019) Penerapan model think pairs share berbantuan media pop-up book untuk meningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema 8 kelas iv sd 1 gulang. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version

Download (920kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, kemamapuan berpikir kreatif melalui model pembelajaran Think Pairs Share berbantuan media Pop-Up Book pasa tema 8 kelas IV SD 1 Gulang. Kemampuan berpikir kreatif adalah suatu bentuk pemikiran yang menghasilkan pemahaman baru untuk memperoleh ide atau gagasan baru. Perubahan suatu bentuk pemikiran mengenai beberapa aspek yang harus diukur yaitu pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Model Think Pairs Shareadalah model pembelajaran kooperatif yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir siswa dan melatih siswa dalam bekerja sama mengembangkan pola interaksi peserta didik. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD 1 Gulang terdiri dari 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tes diuji validitasnya menggunakan validitas expert judgment. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh nilai 74,47 dengan persentase 74% (Cukup), pada siklus II memperoleh nilai 84,63 dengan persentas 84% (Baik). Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh nilai 72,79 dengan persentase 72% (Perlu Bimbingan), pada siklus II memperoleh nilai 83,21 dengan persentase sebesar 83% (Baik). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran aspek pengetahuan pada pra siklus memperoleh persentase 70% , setelah dilakukan penelitian siklus I memperoleh nilai 73,75 dengan persentase 73% (Perlu Bimbingan), dan meningkat pada siklus II yaitu 82,05 dengan persentase 82%. (Cukup). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran aspek sikap pada siklus I memperoleh nilai 73,40 dengan persentase 73% (Perlu Bimbingan), dan meningkat pada siklus II yaitu 83,12 dengan persentase 83%. (Baik). Kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran aspek keterampilan pada siklus I memperoleh nilai 73,80 dengan persentase 73% (Perlu Bimbingan), dan meningkat pada siklus II yaitu 83,36 dengan persentase 83%. (Baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 Gulang dapat disimpulkan bahwa model Think Pairs Share berbantuan media Pop-Up Book dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Think Pairs Share, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:29
Last Modified: 11 Sep 2020 01:29
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12613

Actions (login required)

View Item View Item