Penerapan model think pair share untuk meningkatkan Pemahaman konsep siswa berbantuan media video Tema 6 panas dan perpindahannya kelas v Sd 1 prambatan lor

SETYOWATI, RAGELIA INDAH (2019) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan Pemahaman konsep siswa berbantuan media video Tema 6 panas dan perpindahannya kelas v Sd 1 prambatan lor. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan guru melalui menerapkan model Think Pair Share siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya berbantuan media video, Mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor melalui model Think Pair Share. pada materi tema 6 panas dan perpindahannya berbantuan media video, Mengukur peningkatan aktivitas siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor melalui penerapan model Think Pair Share pada materi tema 6 Panas dan Perpindahannya berbantuan media video Pemahaman konsep adalah kemampuan seseorang untuk menjelaskan suatu konsep atau materiorang yang diketahui dengan bahasa sendiri sesuai dengan pengetahuan yang dimiliki dan tidak mengubah arti dari sebuah materi tersebut. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif dengan teknik diskusi, siswa saling berpasangan, dengan berpasangan siswa akan mendiskusikan masalah yang diberikan oleh guru dan beberapa pasangan mempresentasikan apa yang telah mereka diskusikan di depan kelas. Media video adalah media yang dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama-sama dengan suara ilmiah atau suara yang sesuai. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ada peningkatan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada pembelajaran tema 6 Panas dan Perpindahannya melalui penerapan model Think Pair Share berbantuan media video kelas V SD 1 Prambatan Lor. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Prambatan Lor dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 37 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dengan melalui empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media video dan variabel terikat adalah pemahaman konsep siswa. Metode Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil analisis data menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Video dapat meningkatkan pemahamn konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep siklus I sebesar 73 dan siklus II sebesar 83. Sedangkan presentase ketuntasan klasikal kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar (43%) dengan kriteria sangat rendah dan meningkat pada siklus II (78%) dengan kriteria cukup. Presentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II (85%) dengan kriteria baik. Sedangkan presentase keterampilan mengajr guru pada siklus I sebesar (70%) dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II (83%) dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Think Pair Share Berbantuan Media Video dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa, aktivitas belajar siswa, dan dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, dalam mengelola pembelajaran pada tema 6 panas dan perpindahannya. Sedangkan saran yang dapat peneliti berikan model Think Pair Share Berbantuan Media Video diterapkan pada materi dan tema yang berbeda.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM. Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Media Video, Think Pair Share.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 01:51
Last Modified: 11 Sep 2020 01:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12615

Actions (login required)

View Item View Item