Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa denganmodelnumbered head together (nht) berbantuan Media kartu bergambar padatema kayanya Negeriku kelas iv di sd 2 rendeng

LESTARI, EGA OKTI (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa denganmodelnumbered head together (nht) berbantuan Media kartu bergambar padatema kayanya Negeriku kelas iv di sd 2 rendeng. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru setelah diterapkan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media Kartu Bergambar pada kelas IV SD 2 Rendeng. Berpikir kritis adalah suatu kemampuan berpikir secara mendalam tentang penalaran yang logis, keterampilan menemukan, menjelaskan, menyimpulkan pengetahuan dan melakukan tindakanNumbered Head Together (NHT merupakan model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan dan mempertimbangkan jawaban yang paling juga bisa diterapkan untuk meningkatkan kerja sama siswa,. Kartu Bergambar merupakan media visual gambar yang dimodifikasi menjadi kartu bergambar untuk mempermudah guru menyampaikan pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui modelNumbered Head Together berbantu media Kartu Bergambarpada kelas IV SD 2 Rendeng. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Rendeng dengan subjek penelitian 37 siswa. Penelitian berlangsung 2 siklus yang menggunakan desain PTK dari Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Numbered Head Together, variabel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar wawancara, pedoman observasi, dan tes. Analisis data berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Numbered Head Togetherberbantuan Kartu Bergambar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru. Hal ini dilihat dari tercapainya indikator keberhasilan sebagai berikut. (1) Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata – rata 78% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 87% (Sangat Baik). (2) Berpikir kritis, ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 46% dengan rata – rata 69,86 meningkat pada siklus I muatan PPKn 45% dengan rata – rata 78,86 dan matan Bahasa Indonesia 54% dengan rata-rata 75,72 dan pada siklus II meningkat menjadi muatan PPKn 84% dengan rata – rata 82,08 dan muatan Bahasa Indonesia 78% dengan rata-rata 84. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan Numbered Head Together berbantuan Kartu Bergambardapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, kelas IV serta keterampilan guru SD 2 Rendeng. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya aktif dalam mengikuti pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif. Kepala sekolah hendaknya menyediakan saraPna yang mendukung pelaksanaan pembelajaran kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM. Pembimbing 2 Santoso, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Numbered Head Together, Media Kartu Bergambar, Tema Kayanya Negeriku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:10
Last Modified: 11 Sep 2020 02:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12616

Actions (login required)

View Item View Item