Peningkatan kualitas pembelajaran bahasa indonesia dan ppkn melalui model snowball throwing berbantu media pop up book pada kelas iv sd 1gondangmanis

FATIMATUZZAHRO, FATIMATUZZAHRO (2019) Peningkatan kualitas pembelajaran bahasa indonesia dan ppkn melalui model snowball throwing berbantu media pop up book pada kelas iv sd 1gondangmanis. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (735kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Snowball Throwing berbantuan Pop Up Bookdalam proses pembelajaran dan menemukan peningkatan kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran PPKn dan Bahasa Indonesia Tema Kayanya Negeriku pada kelas IV SD 1 Gondangmanis. Kualitas pembelajaran merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan melalui interaksi antara guru dan siswa. Snowball Throwing adalah kemampuan merumuskan pertanyaan yang dikemas dalam sebuah permainan yang menarik yaitu saling melempar bola salju atau kertas yang diremas dan didalamnya sudah berisi pertanyaan.Media Pop Up Book adalah media pembelajaran tiga dimensi yang bisa di lihat dari sisi manapun. Penelitian Tindakan Kelas inidilaksanakan di kelas IV SD 1 Gondangmanis Bae Kudus dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model Snowball Throwing. Sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu Kualitas Pembelajaran muatan PPKn dan Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dalam pembelajaran. persentase ketuntasan hasil kualitas pembelajaran siswa pada prasiklus yaitu 36% setelah dilakukan penelitian pada siklus I meningkat menjadi memperoleh 60% dan meningkat pada siklus II menjadi 88%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase rata-rata keberhasilan sebesar 85%pada siklus II meningkat menjadi 94%. Aspek sikap siswa dalam prembelajaran siklus I memperoleh 68% dan meningkat pada siklus II menjadi 88%. Aspek keterampilan siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh 72% dan meningkat pada siklus II menjadi 92%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas IV SD 1 Gondangmanis dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing berbantuan media pop up book dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, keterampilan mengajar guru, sikap dan keterampilan siswa pada saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Kualitas Pembelajaran, Snowball Throwing, Pop Up Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:56
Last Modified: 11 Sep 2020 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item