Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media papan tempel terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa

SUSILOWATI, INDAH (2019) Pengaruh model pembelajaran problem solving berbantuan media papan tempel terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (899kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (774kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (475kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (25MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa masih tergolong rendah hal itu disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)kemampuan berpikir kreatif siswa lebih baik menggunakanmodel pembelajaran problem solvinglebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa telah mencapai KKM, (3) proporsi siswa yang diajar dengan model problem solvingberbantuan media papan tempel telah mencapai ketuntasan klasikal 75%, (4) meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran problem solvingberbantuan media papan tempel. Penelitian pre-eksperimental design ini dilaksanakan di kelas V SD Sumbersoko 01 Sukolilo Pati tahun pelajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Sampel pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas V SD Sumbersoko 01.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem solving berbantuan media papan tempel, sedangkan variabel terikatnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dengan uji observasi berpasangan, one sample t test, uji proporsi dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model problem solvinglebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa belum mencapai KKM, proporsi siswa yang diajar dengan model problem solving berbantuan media papan tempel telah mencapai ketuntasan klasikal 75%, dan kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran problem solving berbantuan media papan tempel terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Terkait model pembelajaran yang digunakan apabila peneliti lain ingin menggunakan pendekatan yang sama bisa dimodifikasi atau diteliti lebih mendalam tentang analisis tindakan guru dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro., S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: kemampuan berpikir kreatif matematis, problem solving, dan media papan tempel
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:05
Last Modified: 11 Sep 2020 03:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item