Penerapan model probing prompting dengan berbantuan media audio visual untuk meningkatkan berpikir kreatif pada Siswa kelas v tema 8 di sd negeri 03 ngeling jepara

MUASYAROH, MUASYAROH (2019) Penerapan model probing prompting dengan berbantuan media audio visual untuk meningkatkan berpikir kreatif pada Siswa kelas v tema 8 di sd negeri 03 ngeling jepara. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Probing prompting berbantuan media audio visual untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Model pembelajaran Probing prompting merupakan model yang jelas dalam pelaksanaan pembelajarannya sehingga mampu membuat berpikir kreatif siswa meningkat melalui 7 langkah pembelajaran. Berpikir kreatif merupakan kemampuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang baru dan membentuk kombinasi baru dari dua konsep atau lebih yang dikuasai. Audio visual merupakan media yang dalam pemanfaatannya menggunakan pendengaran dan penglihatan. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini yakni dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, aktivitas belajar, dan keterampilan guru. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SDN 03 Ngeling dengan subjek penelitian 17 siswa. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Variabel terikat dalam penelitian ini yakni berpikir kreatif, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru, sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini yakni model Probing prompting berbantuan media audio visual. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni pedoman wawancara, pedoman observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 75,78 dengan kategori cukup, pada siklus II memperoleh nilai sebesar 84,37 dengan kategori baik (2) aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh nilai sebesar 63,41 dengan kategori perlu bimbingan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 76,28 dengan kategori cukup (3) kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 74,26 pada kategori perlu bimbingan, pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 79,04 pada kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas disimpulkan bahwa penggunaan model Probing Prompting berbantuan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema 8 lingkungan sahabat kita di kelas V SDN 03 Ngeling tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Siti Marfuah, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Probing prompting, Berpikir Kreatif, Audio visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Sep 2020 02:54
Last Modified: 14 Sep 2020 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item