Peningkatan nilai karakter cinta tanah air menggunakan model pembelajaran make a Match berbantuan media pohon tempel pada tema kayanya negeriku kelas iv Sd 3 wergu wetan

SALSABILA, FITRIYA ‘AIN (2019) Peningkatan nilai karakter cinta tanah air menggunakan model pembelajaran make a Match berbantuan media pohon tempel pada tema kayanya negeriku kelas iv Sd 3 wergu wetan. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (691kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar siswa, nilai karakter cinta tanah air dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Make a Match berbantuan media Pohon Tempel pada siswa kelas IV SD 3 Wergu Wetan. Penelitian tindakan kelas ini mengacu pada kurikulum 2013 yaitu pada tema 9 Kayanya Negeriku. Model Pembelajaran Make a Match merupakan model pembelajaran yang di dalamnya mengonsep dengan cara memasangkan beberapa kartu yang sesuai dengan materi (muatan pelajaran). Model pembelajaran ini, siswa dapat belajar sekaligus bermain dengan cara mencari pasangan dari kartu tersebut. Penggabungan antara muatan materi dan model pembelajaran dapat menciptakan suatu atmosfir pembelajaran yang menyanangkan dan bermakna bagi siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SD 3 Wergu Wetan dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, pada setiap siklusnya terdapat dua kali pertemuan yang disertai kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel terikat pada penelitian ini adalah nilai karakter cinta tanah air, aktivitas dan hasil belajar, sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Make a Match dan media pohon tempel. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran. Keterampilan guru pada pra siklus 67% (kurang), siklus I memperoleh persentase rata-rata 74.05% (baik), sedangkan siklus II sebesar 88.35% (sangat baik). Persentase aktivitas belajar pada siklus I sebesar 73% (baik), pada siklus II sebesar 79% (baik). Persentase rata-rata nilai karakter cinta tanah air pada siklus I sebesar 68.3% (kurang), pada siklus II sebesar 77% (baik). Persentase rata-rata hasil belajar pada pra siklus sebesar 69.5% (kurang), pada siklus I sebesar 75.1% (baik), dan pada siklus II meningkat sebesar 76.1% (baik). Berdasarkan penelitian tindakan kelas pada kelas IV SD 3 Wergu Wetan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Make a Match berbantuan media pohon tempel dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, nilai karakter cinta tanah air dan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Make a Match, Karakter, Cinta Tanah Air, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Pohon Tempel
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Sep 2020 03:14
Last Modified: 14 Sep 2020 03:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12627

Actions (login required)

View Item View Item