BAKTI, WAHYU BIMA (2019) Penerapan model number head together (nht) berbantuan media flash card untuk meningkatkan berpikir kritis tema 9 benda-benda disekitar kita sd 01 payaman kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (707kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (257kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (874kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (511kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model Number Head Together berbantuan media Flashcard dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa (3) Peningkatan aktivitas siswa Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat esensial, dan berfunsi efektif dalam semua aspek kehidupan. Model Number Head Together merupakan model pembelajaran berkelompok yang masing-masing anggotanya memakai nomor di kepala sebagai identitas. Flashcard merupakan media pembelajaran dalam bentuk gambar yang berukuran 20 x 30 cm untuk mempermudah siswa memahami materi. Hipotesis tindikan dalam penelitian adalah penerapan model pembelajaran Number Head Together berbantuan media Flashcard unuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas V SDN 01 Payaman Kudus.. Hasil dari penelitian berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Data yang diperoleh dari nilai tes evaluasi kemampuan berpikir kritis siswa siklus I dan II yang terdiri dari 5 indikator dengan rata-rata 23,56 dan persentase siklus I yaitu 66,44% dan termasuk pada kategori baik lalu dapat meningkat pada siklus II dengan rata-rata 30,22 dengan persentase 83,97% yang masuk kriteria sangat baik. Hasill dari penelitian keterampilan mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Data yang diperoleh dari lembar observasi guru yang terdiri dari 8 indikator. Siklus I mendapatkan jumlah 44 dengan hasil persentase 68,75% dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan mendapatkan jumlah 49,5 dengan persentase 77,34% dengan kategori baik. Hasil dari penelitian lembar aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan jumlah indikator 6. Pada siklus I pertemuan I mendapatkan skor 60 dengan niali u83 dengan kategori baik. Sedangkan pada pertemuan II mendapatkan skor 61 dengan nilai 85 dengan kategori baik. Sedangkan pada siklus II pertemuan I mendapatkan skor 65 dengan nilai 90 dengan kategori sangat baik. Pada pertemuan II mendapatkan skor 66 dengan nilai 92 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kemapuan berpikir kritis, Number Head Together, Aktivitas siswa. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 05:36 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 05:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12630 |
Actions (login required)
View Item |