Penerapan model missouri mathematics project berbantuan kalender pengetahuan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap toleransi pada siswa kelas ii sd 01 kalipucang kulon

NISWAH, ANA FARIDATUN (2019) Penerapan model missouri mathematics project berbantuan kalender pengetahuan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap toleransi pada siswa kelas ii sd 01 kalipucang kulon. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (643kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Guru yang jarang memberikan soal yang berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah dan tidak menggunakan model serta media pendukung saat pembelajaran menyebabkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap toleansi siswa. Hal ini dibuktikan dengan kurang terasahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan sikap toleransi kurang di SD 1 Kalipucang Kulon. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap toleransi siswa SD 1 Kalipucang Kulon yang mengikuti pembelajaran menggunakan model Missouri Mathematics Project berbantuan kalender pengetahuan lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap toleransi siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model ekspositori. Pemecahan masalah matematis adalah aktivitas matematika yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Toleransi adalah sikap menerima dan menghargai perbedaan-perbedaan orang lain. Model pembelajaran Missouri Mathematics Project adalah model pembelajaran yang mengarahkan siswa pada latihan-latihan terkontrol. Media kalender pengetahuan adalah kalender yang berisi materi tentang waktu yang dapat menambah pengetahuan siswa. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan di kelas II SD 1 Kalipucang Kulon dengan subjek penelitian 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini berlangsung selama 4 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media kalender pengetahuan lebih baik dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori, (2) hasil observasi aktivits sikap toleransi siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media kalender pengetahuan lebih baik dari pada sikap toleransi siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori, (3) terdapat peningkatan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan sikap toleransi siswa yang menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project berbantuan media kalender pengetahuan dari pada pembelajaran menggunakan model ekspositori. Model pembelajaran missouri mathematics project dapat digunakan oleh guru untuk melaksanakan proses pembelajaran karena siswa dapat ikut serta terlibat aktif dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi yang diajarkan oleh guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Santoso, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Missouri Mathematics Project, Pemecahan Masalah Matematis, Sikap Toleransi, Kalender Pengetahuan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:05
Last Modified: 15 Sep 2020 02:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item