Fianto, Fiki Okta (2019) Analisis motivasi belajar siswa kelas v sdn 1 ngembal kulon. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version Download (738kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (190kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (264kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (172kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (107kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang dalam penelitian ini terdapat potensi yang dimiliki siswa berbeda-beda begitu pula dengan cara mengembangkan potensi yang dimiliki. Cara mengembangkan tergantung pada keinginan yang dimiliki oleh setiap siswa. Hal ini dipengaruhi oleh motivasi setiap siswa yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengaruh lingkungan terhadap motivasi belajar siswa di kelas V SDN 1 Ngembal Kulon, (2) Mendeskripsikan pengaruh guru dalam proses pembelajaranterhadap motivasi belajar siswa di kelas V SDN 1 Ngembal Kulon. Motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik untuk memenui kebutuhan yang di inginkan. Lingkungan sekolah merupakan tempat bagi siswa untuk belajar bersama teman-temannya secara terarah guna menerima transfer pengetahuan dari guru yang didalamnya mencakup keadaan sekitar suasana sekolah, relasi siswa dengan dan teman-temannya, relasi siswa dengan guru dan dengan staf sekolah, kualitas guru dan metode mengajarnya, keadaan gedung, masyarakat sekolah, tata tertib, fasilitas-fasilitas sekolah, dan sarana prasarana sekolah yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai sumber dan bahan tentang pentingnya motivasi belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Dilaksanakan pada kelas V SDN1 Ngembal Kulon dengan subjek penelitian guru, kepala sekolah, dan siswa berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data padapenelitian ini menggunakan kuesioner/angket, observasi, dokumentasi,wawancara. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkananalisis motivasi belajar siswa pada kelas VSDN1 Ngembal Kulon Kudus yang dilihat dari dua aspek yakni lingkungan sekolah dan peran guru. Lingkungan fisik sekolah seperti sarana & prasarana belajar, sumber-sumber belajar,& media belajar.Lingkungan sosial menyangkut hubungan siswa dengan teman-temanya, guru-gurunya, & staf sekolah yang lain meningkat dengan adanya analisis motivasi belajar siswa. Berdasarkanhasilpenelitiankualitatif yang dilakukandapatdisimpulkanbahwa Analisis Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 1 Ngembal Kulon meningkat. Penelitimenyarankan agardalam menganalisis motivasi belajar siswa guruharuslebihterampildaninovatifdalammeningkatkam partisipasi siswapadakegiatan pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Analisis Motivasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 02:12 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 02:12 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12632 |
Actions (login required)
View Item |