Penerapan model mind mapping berbantuan media grafis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas iv sdn jambean 01 pada tema indahnya keragaman di negeriku

LUTHFIANA, RONA (2019) Penerapan model mind mapping berbantuan media grafis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pada siswa kelas iv sdn jambean 01 pada tema indahnya keragaman di negeriku. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan keterampilan guru. (2) Untuk mendiskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan model Mind Mapping berbantuan media grafis. (3) Untuk mendeskripsikan penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Model Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keamampuan berpikir kreatif siswa dalam belajar. Model Mind Mapping memiliki 7 tahapan yaitu penyampaian tujuan, penyajian materi, pembentukan kelompok, diskusi, penyampaian hasil, pemberian penguatan dan kesimpulan. Kemampuan berpikir kreatif merupakan cara berpikir siswa untuk mengeluarkan serta menciptakan ide dan solusi yang baru. Penelitian ini menggunakan media grafis. Media grafis merupakan media yang terdapat gambar, peta, dan grafik berbentuk cabang dan disetiap cabangnya terdapat kalimat yang mengajak siswa untuk menuangkan cara berpikir kreatif. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Jambean 01 dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah model Mind Mapping. Variabel terikat pada penelitian ini adalah berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan model Mind Mapping berbantuan media grafis menunjukkan adanya peningkatan (1) Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh skor 217 persentase sebesar 80% dengan kategori “baik”.Siklus II dengan memperoleh skor 233 persentase 86% dengan kategori “sangat baik” berkualifikasi sangat baik. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase 74,3% dengan berkategori “baik” dan siklus II memperoleh ta persentase 80,3% dengan berkategori “baik”. (3) Nilai kemampuan berpikir kreatif siswa pada siklus I muatan IPS memperoleh skor rata-rata klasikal 78,1 dengan persentase 68% berkategori“baik” dan muatan PPKn memperoleh skor rata-rata klasikal 82 dengan persentse 81% berkategori “baik”. Sedangkan siklus II muatan IPS rata-rata klasikal 82 dengan persentase 85% berkategori“sangat baik” dan muatan PPKn rata-rata klasikal 86 dengan persentase 91% berkategori ”sangatbaik”. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Mind Mapping berbantuan media grafis pada tema Indahnya keragaman dinegeriku dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SDN Jambean 01.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Santoso, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Model Mind Mapping, Berpikir Kreatif, Media Grafis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:33
Last Modified: 15 Sep 2020 02:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item