Penerapan model picture and picture berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 muatan bahasa indonesia dan ips kelas v sdn widorokandang pati

NURHIDAYAT, RAHMAT ALIF (2019) Penerapan model picture and picture berbantuan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 1 muatan bahasa indonesia dan ips kelas v sdn widorokandang pati. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran 1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Proses pembelajaran yang dilakukan guru masih monoton dan kurang memanfaatkan media pembelajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Picture And Picture berbantuan media Gambar dan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Picture And Picture berbantuan media Gambar pada tema 1 kelas V SDN Widorokandang Pati. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan, sikap dan keterampilan yang diperoleh setelah siswa menerima pengalaman belajarnya yang telah diberikan oleh guru, sehingga dapat mengkontruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Model Picture and Picture adalah salah satu model kooperatif yang menggunakan gambar sebagai media untuk mempermudah proses belajar dengan cara dipasangkan atau diurutkan. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan pada kelas V SDN Widorokandang Pati dengan subjek penelitian guru dan siswa berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan model Picture And Picture berbantuan media gambar pada siklus I keterampilan guru mencapai 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan Bahasa Indonesia siklus I dengan ketuntasan klasikal 65% dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan ketuntasan klasikal 90%.Hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan IPSsiklus I dengan ketuntasan klasikal 75% dan pada siklus II terjadi peningkatan dengan ketuntasan klasikal 90%. Hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia aspek keterampilan siklus I nilai rata-rata mencapai 58,14%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,375%. Hasil belajar siswa muatan IPS aspek keterampilan pada siklus Imendapatkan nilai rata-rata 56,985%, pada siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 76,265%. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan model Picture And Picture berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa di SDN Widorokandang Pati.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Hasil belajar, Picture And Picture, Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 15 Sep 2020 02:52
Last Modified: 15 Sep 2020 02:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12636

Actions (login required)

View Item View Item