Dewi, Hassenda Septiana (2019) Penerapan model contextual teaching and learning berbantu media papan putar untuk peningkatan Hasil belajar siswa kelas iv tema 9 kayanya Negeriku di sd 2 sadang kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (350kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (622kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (317kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (33MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media papan putar kelas IV Tema 9 Kayanya Negeriku Di SD 2 Sadang. Hasil Belajar merupakan sesuatu yang diperoleh karena dilakukannya usaha atau proses yang mengakibatkan perubahan setelah ia menerima pengalaman pribadinya. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan proses belajar yang memantau guru untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata dan sekaligus untuk mendorong siswa untuk hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapan kehidypan seharihari. Hipotesis Tindakan dalam penelitian ini merupakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan papan putar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar siswa pada tema Kayanya Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 2 Sadang, dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari emapt tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Sedangkan variabel bebas dalam penelitian ini adalah CTL dan papan putar. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I muatan IPS 77,20% dan Bahasa Indonesia 71,68% dan mengalami peningkatan pada siklus II muatan IPS mencapai 85,60%dan muatan Bahasa Indonesia 83,36%. Selain itu keterampilan mengajar gurujuga mengalami peningkatan dengan presentase 77,58% pada siklus I pertemuan I dan pertemuan II 82,75% kemudian meningkat pada siklus II mencapai presentase 81,03% pertemuan I dan pertemuan II 86,20%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model CTL dengan berbantuan media papan putar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Sadang Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 2 Sadang dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta mampu meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran tema 9 Kayanya Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia berbantuan media papan putar pada siswa kelas IV SD 2 Sadang
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Model Contextual Teaching and Learning, Media papan putar dan Hasil Belajar Siswa pada Tema 9. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 03:21 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 03:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12638 |
Actions (login required)
View Item |