Penerapan model numbered head together (nht) berbantuan media kartu soal untuk meningkatkan kemampuan Berpikir kreatif siswa tema 9 kelas iv sdn 02 Sadang kudus

ULFA, NINDI INKA MARIA (2019) Penerapan model numbered head together (nht) berbantuan media kartu soal untuk meningkatkan kemampuan Berpikir kreatif siswa tema 9 kelas iv sdn 02 Sadang kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL .pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (251kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dan keterampilan mengajar guru menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media kartu soal pada tema 9 kayanya negeriku pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 02 Sadang Kudus. Berpikir kreatif merupakan suatu cara utuk membangun ide atau gagasan yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Indikator keberhasilan dari kemampuan berpikir kreatif antara lain kelancaran, kelenturan, keaslian, dan elaborasi atau memerinci. Numbered Head Together (NHT) adalah pembelajaran kelompok yang fokus untuk mengembangkan cara berfikir kritis, aktif, kreatif, serta menumbuhkan sikap kerjasama untuk menyelesaikan suatu masalah. Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Sadang Kudus dengan subjek penelitian 25 peserta didik dan peneliti sebagai guru. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Numbered Head Together (NHT), sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kreatif, keterampilan mengajar guru dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Teknis analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan mengajar guru siklus I mencapai persentase 66% dengan kriteria baik yang kemudian meningkat pada siklus II yang mencapai 83% dengan kriteria sangat baik. Berpikir kreatif peserta didik berdasarkan tes soal dan lembar pengamatan berpikir kreatif diperoleh persentase 62,96% dengan kriteria perlu bimbingan kemudian meningkat pada siklus II yang mencapai persentase klasikal 78% dengan kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Sadang Kudus dapat disimpulkan bahwa model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media kartu soal pada tema 9 Kayanya Negeriku dapat Meningkatkan keterampilan guru dan kemampuan berpikir kreatif siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Kartu Soal, Numbered Head Together (NHT).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Sep 2020 03:15
Last Modified: 16 Sep 2020 03:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12648

Actions (login required)

View Item View Item