Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaranmake a matchberbantuan media kartukwartet pada tema 9 kelas v di sd negeri 1 tumpangkrasak

ALAWIAH, TUTIK (2019) Peningkatan hasil belajar dengan model pembelajaranmake a matchberbantuan media kartukwartet pada tema 9 kelas v di sd negeri 1 tumpangkrasak. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
COVER.pdf - Accepted Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru, hasil belajar dalam pembelajaran melalui model Make a Match berbantuan media kartu kwartet pada siswa kelas V di SD Negeri 1 Tumpangkrasak pada tema 9. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar yang mencakup aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model pembelajaran Make a Match adalah model pembelajaran yang mencari pasangan menggunakan kartu yang berisi soal dan jawaban soal dari kartu lain dengan menemukan jawaban dari soal dalam kartunya yang terdapat pada kartu yang dipegang siswa lain. Media pembelajaran kartu kwartet adalah media pembelajaran yang terdiri atas beberapa jumlah kartu dimana kartu kwartet berseri gambar atau kartu kwartet dengan jenis yang lainnya sesuai dengan konsep materi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dan hasil belajar dalam proses pembelajaran tema 9 di kelas V SD 1 Tumpangkrasak dengan diterapkan model pembelajaran Make a Match berbatuan media kartu kwartet. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SD Negeri 1 Tumpangkrasak dengan subjek penelitian peneliti sebagai guru dan 18 siswa. Prosedurnya meliputi dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model make a match, sedangkan variabel terikatnya yakni hasil belajar. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema sembilan. Peningkatan keterampilan guru pada siklus I sebesar 66,3% dan pada siklus II 75,34% (Baik). Hasil belajar ranah pengetahuan siswa muatan PPKn meningkat cukup signifikat anatara siklus I 72,2% dan siklus II 83,3%. Muatan IPS dengan ketuntasan pada siklus I 66,7% dan siklus II 77,8%. Pada ranah sikap siklus I 69,75% dan siklus II 76,38% (Baik). Sedangakan pada keterampilan siswa pada siklus I 72,6% dan siklus II 75,19% (Baik). Hal tersebut membuktikan bahwa penerapan model make a match berbantuan media kartu kwartet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD 1 Tumpangkrasak. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan dikelas V SD 1 Tumpangkrasak, dapat disimpulkan bahwa penerapan model make a match berbantuan media kartu kwartet dapat meningkatkan hasil belajar tema 9 kelas V SD 1 Tumpangkrasak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Make A Match, Kartu Kwartet.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:09
Last Modified: 16 Sep 2020 04:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12650

Actions (login required)

View Item View Item