MUSTOFA, ARISMA (2019) Peningkatan kualitas pembelajaran tema 8 muatan ips dan bahasa indonesia melalui model make a match berbantuan media kartu berjodoh pada kelas iv sd 3 adiwarno kudus. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (618kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version Download (266kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (430kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (332kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Make A Match berbantuan media Kartu Berjodoh dan mengemukakan peningkatan kualitas pembelajaran muatan IPS dan Bahasa Indonesia pada kelas IV SD 3 Adiwarno. Peningkatkan keterampilan dasar mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik dan hasil belajar ranah pengetahuan melalui model Make A Match berbantuan media kartu berjodoh. Kualitas pembelajaran adalah proses terjadinya interaksi dari guru kepada peserta didik, peserta didik ke peserta didik, dan peserta didik dengan media pembelajaran dalam kondisi yang menyenangkan. Model pembelajaran Make A Match merupakan peserta didik diminta mencari pasangan kartu. Media kartu berjodoh merupakan media yang menyuruh peserta didik mencari pasangan kartunya. Hipotesis tindakan Antara lain keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, hasil belajar ranah pengetahuan dengan diterapkan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu berjodoh tema 8. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di kelas IV SD 3 Adiwarno dengan subjek penelitian 25 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus.Variabel bebas model Make A Match berbantuan media kartu berjodoh, serta variable terkait yaitu kualitas pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran pada tema 8 melalui model Make A Match berbantuan media kartu berjodoh meningkat. Hasil belajar ranah pengetahuan IPS siklus I 78,72 kriteria tinggi, siklus II meningkat menjadi 80,84 kriteria sangat tinggi. Hasil belajar ranah pengetahuan Bahasa Indonesia siklus I 75,5 kriteria tinggi, siklus II meningkat menjadi 78,96 kriteria sangat tinggi. Keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 71,25 kriteria baik, pada siklus II 80 dengan kriteria baik. Persentase keberhasilan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 15, pada siklus II meningkat menjadi 22 kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas IV SD 3 Adiwarno Kudus disimpulkan bahwa model Make A Match berbantuan media kartu berjodoh dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku di SD 3 Adiwarno Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd. Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd. |
Kata Kunci: | Kualitas pembelajaran ,Make A Match, kartu berjodoh |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 16 Sep 2020 04:21 |
Last Modified: | 16 Sep 2020 04:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12652 |
Actions (login required)
View Item |