Penerapan model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media flash card kelas iv tema indahnya keragaman di negeriku di sdn 02 kayen

LESTARI, ERNA DUWI (2019) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui media flash card kelas iv tema indahnya keragaman di negeriku di sdn 02 kayen. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 02 Kayen dalam menggunakan model Group Investigation berbantuan media Flash Card. Group Investigation adalah suatu model pembelajaran yang lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswadari pada menerapkan teknik-teknik pengajaran diruang kelas, selain itu juga memadukan prinsip belajar demokratis dimana siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil Belajar adalah tindakan untukmelihat sejauh mana keberhasilan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil Belajar terbagi dari ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Media merupakan alat bantu yang dapat disajikan sebagai perantara atau pengantar informasi belajar yang digunakan oleh guru berkomunikasi dengan siswa. Flash Card merupakan media kartu yang berisi gambar, tulisan, yang dapat dibuat sebagai permainan kartu sehingga memungkinkan siswa tertarik untuk memahami materi yang disampaikan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Kayen dengan subjek penelitian 19 siswa. penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel bebas adalah model Group Investigation berbantuan media Flash Card, variabel terikatnya adalah Hasil Belajar Siswa. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data berupa data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan pembelajaran Tema 7 melalui model Group Investigation berbantuan media Flash Card meningkat. Persentase keterampilan guru pada siklus I yakni 80% dengan kriteria baik, siklus II menjadi 83,5 % dengan kriteria sangat baik. Hasil Belajar siswa ranah Kognitif siswa siklus I yakni 75,73% dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 84,78% dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa ranah afektif siklus I yakni 73,68 dengan kriteria perlu bimbingan, dan meningkat pada siklus II menjadi 82,89% dengan kriteria cukup. Hasil belajar siswa ranah psikomotorik siswa siklus I yakni 75,54% dengan kriteria cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi 81,79% dengan kriteria cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SDN 02 Kayen dapat disimpulkan bahwa model Group Investigation berbantuan media Flash Card pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku dapat meningkatkan keterampilan guru, dan pengetahuan siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Nur Fajrie, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Group Investugation, Media Flash Card, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 16 Sep 2020 04:33
Last Modified: 16 Sep 2020 04:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item