Penerapan model two-stay two-stray untukpeningkatan kemampuanmembaca skimming siswa dalam pembelajaran membandingkan isi dua teks kelas v sd 2 gondosari

HANDAWARNI, AJENG (2019) Penerapan model two-stay two-stray untukpeningkatan kemampuanmembaca skimming siswa dalam pembelajaran membandingkan isi dua teks kelas v sd 2 gondosari. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (779kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (749kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Two-Stay-Two-Stray dapat meningkatkan kemampuan membaca skimming siswa, meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Bahasa Indonesia, dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indoneisa kelas V di SD 02 Gondosari Gebog Kudus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD 02 Gondosari Gebog Kudus dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model pembelajaran Two-Stay-Two-Stray. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan membaca skimming. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatifdankualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilanguru dalam mengajar dengan menerapkan model pembelajaranTwo-Stay-Two-Stray pada siklus I mencapai 69,55% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,8% (sangat baik). Hasil belajar siswa Bahasa Indonesia siswa pada materi membandingkan isi dua teks pada siklus I 57,14 (kurang) dan meningkat pada siklus II menjadi 89,3%. (sangat baik). Hasil aktivitas belajar siswa pada siklus I 66% (baik) dan meningkat pada siklus II menjadi 86,6% (sangat baik).Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Two-Stay-Two-Stray dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa, keterampilan guru dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V materi membandingkan isi dua teks di SD 02 Gondosari Gebog Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas VSD 02 Gondosari Gebog Kudusdapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Two-Stay-Two-Stray dapat meningkatkan keterampilan membacaskimming siswa, keterampilan guru dan hasil belajar Bahasa Indonesia kelas V materi membaca skimming di SD 02 Gondosari Gebog Kudus. Saran untuk guru yaitu hendaknya guru menerapkan model pembelajaran Two-Stay-Two-Stray sebagai referensi dalam memilih model pembelajaran. Siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono,M.Pd Pembimbing 2 Mila Roysa, S. Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Two-Stay-Two-Stray, Kemampuan Membaca Skimming, Membandingkan Isi Dua Teks
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:08
Last Modified: 17 Sep 2020 02:08
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12656

Actions (login required)

View Item View Item