Peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model mind mapping pada siswa kelas v sdn 5 gondosari Tema benda-benda di sekitar kita

NOVITA, BELLA AYU (2019) Peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model mind mapping pada siswa kelas v sdn 5 gondosari Tema benda-benda di sekitar kita. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan memaparkan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa serta pemahaman konsep siswa melalui model mind mapping berbantuan media kartu bergambar dalam pembelajaran tematik muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tema 9 “benda – benda di sekitar kita pada siswa kelas 5 di SD N 5 Gondosari Kudus. Pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali dari pengertian yang abstrak menjadi suatu informasi yang lahir dari penafsirannya sendiri. Penelitian ini menggunakan media kartu bergambar serta model mind mapping. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penerapan model mind mapping berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran tema 9 ”benda – benda di sekitar kita”. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas 5 SD N 5 Gondosari dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus dengan menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus penelitian terdiri atas dua pertemuan disetiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada (1) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh presentase klasikal sebesar 68% dengan kriteria cukup meningkat menjadi 85% pada siklus II dengan kriteria sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh persentase klasikal 65% dengan kriteria cukup kemudian meningkat menjadi 77% dengan kriteria baik pada siklus II, (3) pemahaman konsep siswa pada siklus I memperoleh persentase pemahaman konsep klasikal yakni 68% dengan kriteria belum paham, kemudian meningkat pada siklus II yang mendapatkan persentase klasikal pemahaman konsep menjadi 80% dengan kriteria cukup paham. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD N 5 Gondosari dapat disimpulkan bahwa bahwa penggunaan model mind mapping berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar, dan pemahaman konsep siswa pada tema Benda-benda di Sekitar Kita.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Santoso, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pemahaman konsep, mind mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:17
Last Modified: 17 Sep 2020 02:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12657

Actions (login required)

View Item View Item