Penerapan model teams games tournament berbantuan media kokami untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema daerah tempat tinggalku kelas iv sd negeri mojomulyo tambakromo

LUSIANA, MITHA (2019) Penerapan model teams games tournament berbantuan media kokami untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema daerah tempat tinggalku kelas iv sd negeri mojomulyo tambakromo. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (487kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas siswa, hasil belajar siswa kelas IV baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik dan keterampilan guru dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Kokami. Model pembelajaran yang dilakukan dengan cara diadakannya permainan atau game agar materi dapat tersampaikan dengan baik. Model ini tujuannya untuk mendorong siswa untuk saling membantu dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang dihadapi. Kokami (kotak dan kartu misterius) merupakan salah satu jenis media yang dikombinasikan dengan permainan bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Mojomulyo Tambakromo pada kelas IV, dengan subjek penelitian 29 siswa, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang setiap siklusnya 2 kali pertemuan, setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ada dua teknik yaitu teknik tes dan non tes. Teknis tes adalah soal tertulis berupa uraian, sedangkan teknik non tes adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 71,5%, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 91%. Hasil aktivitas siswa pada siklus I memperoleh presentase 62%, sedangkan pada siklus II menjadi 79%. Hasil pada ranah afektif pada siklus I memperoleh persentase sebesar 72%, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,8%. Hasil dari ranah psikomotorik pada siklus I memperoleh persentase sebesar 76,5% meningkat di siklus II menjadi 81,3%. Hasil belajar siswa dari ranah kognitif pada siklus I memperoleh ketuntasan belajar sebesar 68,9%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,7%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan media Kokami dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV SDN Mojomulyo. Peneliti memberikan saran kepada peneliti lain yang akan menerapkan model Teams Games Tournament diharapkan lebih baik lagi dalam persiapan, penerapan, dan pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Model Teams Games Tournament, Media Kokami, Hasil Belajar Siswa Muatan Bahasa Indonesia dan PPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 03:07
Last Modified: 17 Sep 2020 03:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12662

Actions (login required)

View Item View Item