Peningkatan hasil belajar ips melalui model numbered head together (nht) berbantuan media gambar pada siswa kelas v sd n sarirejo 04 pati tahun ajaran 2018/2019

MAHERANI, BELIA AMI (2019) Peningkatan hasil belajar ips melalui model numbered head together (nht) berbantuan media gambar pada siswa kelas v sd n sarirejo 04 pati tahun ajaran 2018/2019. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan keterampilan mengajar guru dalam pembelajaran IPS dan untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Sarirejo 04 Pati melalui model Numbered Head Together berbantuan media gambar. Hasil belajar merupakan perubahan yang akan terjadi pada diri siswa, baik menyangkut aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai hasil dari kegiatan belajar. Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah model pembelajaran berkelompok yang setiap anggotanya memiliki tanggung jawab atas tugas kelompoknya, sehingga tidak ada pemisah antara siswa satu dengan siswa yang lainnya. Media gambar termasuk media visual, media visual adalah media yang hanya dapat dilihat dengan menggunakan indra penglihatan. Gambar digunakan untuk memperjelas materi pembelajaran. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui model Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Media Gambar Pada Siawa Kelas V SDN Sarirejo 04 Pati. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini memiliki empat tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan dan Refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sarirejo 04 Pati yang berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari siswa laki-laki dan siswa perempuan. Teknik pengumpu;an data yang digunakan dalam penelitian ini ada empat yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media gambar telah mampu menyelesaikan masalah. Hal ini terbukti dari peningkatah hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada mapel IPS. Siklus I presentase ketuntasan klasikal pada tes 61,3% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 90,3%. Presentase keterampilan guru mengajar pada siklus I adalah 76.10% meningkat pada Siklus II menjadi 85.29%. Hasil belajar afektif presentase ketuntasan klasikal siklus I 29% meningkat pada Siklus II 100%. Hasil belajar psikomotorik presentase ketuntasan klasikal 0.1% meningkat pada Siklus II 93,5% Simpulan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran IPS melalui model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini, Guru dapat menerepkan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media gambar dalam kegiatan pembelajaran didalam kelas agar pelaksanaan pembelajaran lebih bermakna dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Numbered Head Together (NHT), Media Gambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:39
Last Modified: 17 Sep 2020 04:39
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12663

Actions (login required)

View Item View Item