Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model think talk write berbantuan media kartu gambar di sd 1 bakalan krapyak kelas iv tema 9 kayanya negeriku

FATCHIYA, NICHLA (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan model think talk write berbantuan media kartu gambar di sd 1 bakalan krapyak kelas iv tema 9 kayanya negeriku. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (895kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif siswa melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media kartu gambar dalam pembelajaran tema 9 pelajaran IPA dan IPS pada kelas IV SD; (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media kartu gambar dalam pembelajaran tema 9 pelajaran IPA dan IPS pada kelas IV SD; (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengajar melalui model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media kartu gambar dalam pembelajaran tema 9 pelajaran IPA dan IPS pada kelas IV SD. Berpikir kreatif siswa merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses belajar mengajar. Think Talk Write adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses kreativitas siswa dan analisis untuk mencari dan menemukan jawaban dari suatu masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah (1) peningkatan berpikir kreatif siswa dengan menerapkan model Think Talk Write dengan menggunakan media kartu gambar pada tema 9 subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dan subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak; (2) peningkatan aktivitas siswa dengan menerapkan model Think Talk Write dengan menggunakan media kartu gambar pada tema 9 subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dan subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak; (3) peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model Think Talk Write dengan menggunakan media kartu gambar pada tema 9 subtema Kekayaan Sumber Energi di Indonesia dan subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak dengan subjek penelitian 21 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Talk Write dan media kartu gambar. Sedangkan variabel terikat adalah kreativitas siswa. Instrumen penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian berpikir kreatif siswa pada siklus I mencapai nilai rata-rata 69,86 dengan kriteria “Perlu Bimbingan” dan pada siklus II mengalami peningkatan mencapai rata-rata 80,24 dengan kriteria “Baik”. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 65,95 dengan kriteria “Baik”dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 79,89 dengan kriteria “Baik”. Keterampilan mengajar guru dalam menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media kartu gambar pada siklus I memperoleh presentase 70% dengan kriteria “Baik” dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84% dengan kriteria “Sangat Baik”. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write berbantuan media kartu gambar dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru pada tema 9 muatan IPA dan IPS kelas IV SD 1 Bakalan Krapyak. Saran dalam penelitian ini yakni dalam menerapkan model pembelajaran Think Talk Write berbantuan media kartu gambar guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan semangat dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd. M.Pd.
Kata Kunci: Model Think Talk Write, Kemampuan Berpikir Kreatif, Media Kartu Gambar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Sep 2020 03:14
Last Modified: 19 Sep 2020 03:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12670

Actions (login required)

View Item View Item