Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv menggunakan model teams games tournament berbantuan media laciku pada tema 9 Di sd 2 tenggeles kudus

SULISTIYORINI, INTAN MAY (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv menggunakan model teams games tournament berbantuan media laciku pada tema 9 Di sd 2 tenggeles kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (695kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan Media Laciku dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Tema 9 siswa kelas IV SDN 2 Tenggeles tahun pelajaran 2018/2019, (2) mendeskripsikan penerapan model Teams Games Tournament berbantuan Media Laciku dalam meningkatkan keterampilan guru pada pembelajaran Tema 9 siswa kelas IV SDN 2 Tenggeles tahun pelajaran 2018/2019 Berpikir kritis merupakan hasil yang dicapai siswa sebagai bukti keberhasilan proses pembelajaran dalam bidang pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai pada pembelajaran. Teams Games Tournament atau dapat disingkat TGT adalah suatu model pembelajaran dengan belajar tim yang menerapkan unsur permainan turnamen untuk memperoleh poin bagi skor tim mereka. Berbeda dengan kelompok kooperatif lainnya, pembagian tim dalam Teams Games Tournament berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Media LACIKU merupakan media yang digunakan untuk pembelajaran kelas IV SD dengan menggunakan kartu-kartu soal Sesuai dengan kurikulum 2013 yang berbasis pembelajaran tematik terpadu. Hipotesis tindakan yang dilakukan adalah Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa Tema 9 sub tema 2 “ Kayanya Negeriku” pada siswa Kelas IV SD N 2 Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Tenggeles dengan subjek penelitian ini adalah 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencana, perlakuan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model TGT, sedangkan variabel terikatnya adalah Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan Media Laciku Tema 9 siswa kelas IV SDN 2 Tenggeles. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode tes, metode observasi, dan catatan lapangan. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Teams Games Tournament dapat meningkatkan berpikir kritis belajar siswa dan pengelolaan pembelajaran guru. Hal itu dapat dilihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan dalam penelitian ini sebagai berikut. Pada kondisi awal sebesar 58% tidak tuntas dan 42% tuntas, sedangkan pada siklus I menjadi 52% tidak tuntas dan 48% tuntas meningkat 6% sedangkan pada siklus II sebesar 24% tidak tuntas dan 76% tuntas meningkat 24% dari siklus I dengan kriteria baik. Keterampilan mengajar keterampilan mengajar guru keterampilan mengajar guru yaitu dengan pada siklus I pertemuan I sebesar 59% dan pada siklus I pertemuan II menjadi 65% dengan rata-rata 62% dan pada siklus II pertemuan I sebesar 78% dan pada siklus II pertemuan II menjadi 90% dengan rata-rata 84% dengan kriteria sangat baik.Berdasarkan penelitian ini, saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam menerapkan pendekatan pembelajaran Model Teams Games Tournament hendaknya dapat mempersiapkan kemampuan dan memilih media yang sesuai serta merencanakan kegiatan pembelajaran dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S.Pd., M.A.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Model TGT, Media Laciku.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Sep 2020 03:30
Last Modified: 19 Sep 2020 03:30
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12671

Actions (login required)

View Item View Item