Penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media magic of tree untuk meningkatkan kreativitas siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya Kelas v sd 2 singocandi kudus

FITRIANINGRUM, DWI LULUS (2019) Penerapan model pembelajaran mind mapping berbantuan media magic of tree untuk meningkatkan kreativitas siswa pada tema 6 panas dan perpindahannya Kelas v sd 2 singocandi kudus. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Accepted Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (465kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan (1) untuk mengetahui keterampilan guru kelas V SD 2 Singocandi dalam pembelajaran Tema 6 Panas dan Perpindahannya menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Magic Of Tree tahun ajaran 2018/2019, (2) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree dapat meningkatkan Kreativitas Siswa pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SD 2 Singocandi Kudus tahun ajaran 2018/2019. Model pembelajaran Mind Mapping merupakan model pembelajaran yang digunakan untuk melatih kemampuan siswa dalam menyajikan materi gagasan yang berupa peta pikiran dan sangat cocok digunakan untuk mengasah otak siswa serta mampu menuangkan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Magic Of Tree merupakan media pembelajaran visual yang dapat dilihat oleh mata. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree dapat meningkatkan kreativitas siswa dan keterampilan guru pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SD 2 Singocandi Kudus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD 2 Singocandi Kudus yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini telah dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kreativitas siswa dan keterampilan guru. Variabel bebas penelitian ini adalah model pembelajaran Mind Mapping berbantuan media Magic Of Tree. teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini terdiri dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap keterampilan guru dengan menggunakan observasi yang sudah dilakukan pada siklus I memperoleh rata-rata nilai klasikal sebesar 75 berkriteria cukup, mengalami peningkatan pada siklus II dengan rata-rata nilai klasikal sebesar 88,28 berkriteria baik. Sikap kreatif siswa pada siklus I memperoleh rata-rata nilai klasikal sebesar 65,80 berkriteria perlu bimbingan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84,16 dengan kriteria baik. Keterampian kreatif siswa memperoleh rata-rata nilai klasikal pada siklus I sebesar 66,84 berkriteria perlu bimbingan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,5 berkriteria baik. Rata-rata nilai klasikal Berpikir kreatif siswa siklus I sebesar 65 berkriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II sebesar 82,5 berkriteria cukup. Hal tersesebut membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan Magic Of Tree mampu meningkatkan kreativitas siswa dan keterampilan guru pada pembelajaran Tema 6 Panas dan perpindahannya kelas V SD 2 Singocandi. Saran pada penelitian ini, guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang berhubungan dengan materi yang diajarkan sehingga mampu menumbuhkan kreativitas siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kreativitas siswa, Keterampilan Guru, Mind Mapping, Magic Of Tree.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Sep 2020 04:47
Last Modified: 19 Sep 2020 04:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12672

Actions (login required)

View Item View Item