Penerapan model think talk write berbantuan media puzzle misteri untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas iii

DIANA, ERLINA BELA AYU (2019) Penerapan model think talk write berbantuan media puzzle misteri untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas iii. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (549kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di SD 5 Jepang. Hasil tes hasil belajar aspek pengetahuan pada muatan bahasa Indonesia dan matematika memperoleh rata-rata 69 dan 68 dengan predikat perlu bimbingan. Berdasarkan permasalahan tersebut, pembelajaran menerapkan model think talk write berbantuan media puzzle misteri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan keterampilan mengajar guru, mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa,serta untuk mendeskripsikan peningkatan pengetahuan siswa dalam menerapkan model think talk write berbantuan media puzzle misteri di kelas III SD 5 Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan di kelas III SD 5 Jepang. Dengan subjek penelitian 27 siswa yaitu diantaranya 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian akan dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari, perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Teknik Pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yakni soal tes pada setiap siklus, observasi keterampilan mengajar guru dan observasi aktivitas siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Variabel bebas yaitu model think talk write dengan bantuan media puzzle misteri, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan guru, serta aktivitas siswa. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dilihat dari hasil tes evaluasi akhir siklus menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 73 dan persentase klasikal mencapai 67% dengan predikat perlu bimbingan. Pada siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 79 dan persentase klasikal meningkat menjadi 88% dengan predikat cukup. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata 73% dengan kriteria baik meningkat di siklus II menjadi 88% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata 68 dengan predikat kurang bimbinganmeningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 82 dengan predikat baik. berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa model think talk write bebantuan media puzzle misteri dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, serta aktivitas siswa. Hendaknya guru menerapkan model think talk write bebantuan media puzzle misteri dalam meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Think Talk Writer, Puzzle Misteri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Sep 2020 05:32
Last Modified: 21 Sep 2020 05:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12686

Actions (login required)

View Item View Item