Muna, Bashrul (2019) Penerapan model eliciting activities berbantuan media appem Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Pada siswa kelas iv sdn 6 klumpit. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (975kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (576kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Kemampuan pemahaman konsep matematis di SDN6Klumpit menunjukkan rata-rata skor klasikal pemahaman konsep matematis yaitu 51,07 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 21%. Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan rendahnya aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan Model Eliciting Activities berbantuan media APPEM. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Klumpit dengan subjek penelitian 14 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel Bebas dalam penelitian ini yaitu Model Eliciting Activities berbantuan media APPEM. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis materi pembulatan dan penaksiran, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal sebesar 67,14 dengan predikatbaik dan meningkat pada siklus II menjadi 83,10 dengan predikat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 70,76 dengan predikat cukupbaik dan meningkat pada siklus II menjadi 82,59 dengan predikatbaik (3) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal sebesar dengan 2,87 kriteria baik dan meningkat menjadi 3,21 pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan ModelEliciting Activitiesberbantuan media APPEM dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, aktivitas siwa dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran. Hendaknya guru menggunakanModelEliciting Activities berbantuan media APPEMsebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model Eliciting Activities, Media APPEM, Pemahaman Konsep. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 01:54 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 01:54 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12687 |
Actions (login required)
View Item |