Penerapan model eliciting activities berbantuan media appem Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Pada siswa kelas iv sdn 6 klumpit

Muna, Bashrul (2019) Penerapan model eliciting activities berbantuan media appem Untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep Pada siswa kelas iv sdn 6 klumpit. Update Test thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
PDF (Hal Depan)
Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (975kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Kemampuan pemahaman konsep matematis di SDN6Klumpit menunjukkan rata-rata skor klasikal pemahaman konsep matematis yaitu 51,07 dengan kriteria cukup dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 21%. Hasil observasi dan wawancara juga menunjukkan rendahnya aktivitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis, peningkatan aktivitas siswa, dan peningkatan keterampilan mengajar guru melalui penerapan Model Eliciting Activities berbantuan media APPEM. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 6 Klumpit dengan subjek penelitian 14 siswa dan peneliti sebagai guru. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari tiga pertemuan di setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Variabel Bebas dalam penelitian ini yaitu Model Eliciting Activities berbantuan media APPEM. Sedangkan variabel terikatnya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis materi pembulatan dan penaksiran, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa siklus I memperoleh skor rata-rata klasikal sebesar 67,14 dengan predikatbaik dan meningkat pada siklus II menjadi 83,10 dengan predikat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh persentase klasikal sebesar 70,76 dengan predikat cukupbaik dan meningkat pada siklus II menjadi 82,59 dengan predikatbaik (3) keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal sebesar dengan 2,87 kriteria baik dan meningkat menjadi 3,21 pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan ModelEliciting Activitiesberbantuan media APPEM dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis, aktivitas siwa dan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran. Hendaknya guru menggunakanModelEliciting Activities berbantuan media APPEMsebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ratri Rahayu, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Eliciting Activities, Media APPEM, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Sep 2020 01:54
Last Modified: 22 Sep 2020 01:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item