Astuti, Widyana Puji (2019) Penerapan model pembelajaran circuit learning berbantuan media kokopi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keragaman Suku bangsa dan agama di indonesia Kelas iv sdn 01 keben pati. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (430kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (302kB) | Preview |
![]() |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (300kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (657kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (933kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (128kB) | Preview |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dengan menerapkan model pembelajaran Circuit Learning dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa pada subtema keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia muatan IPS dan Bahasa Indonesia kelas IV SDN 01 Keben. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah melalui proses belajar. Circuit Learning adalah suatu model pembelajaran yang inovatif yang memaksimalkan daya pola pikir, perasaan dengan pola bertambah dan mengulang. Permainan Kokopi adalah media pembelajaran yang mengadaptasi permaianan ular tangga. Penelitian Tindakan Kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 01 Keben Pati dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Circuit Learning. Variabel terikat adalah hasil belajarsiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa yakni (1) keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor (165) dengan persentase (82,5), dan siklus II skor (180) dengan (90); (2) hasil belajar siswa aspek pengetahuan muatan IPS pada pra siklus memperoleh ketuntasan 33%, meningkat menjadi 61,11% di siklus I, kemudian meningkat lagi di siklus II 94,44%, muatan Bahasa Indonesia pada pra siklus memperoleh ketuntasan klasikal 27%, meningkat menjadi 66,67% di siklus I, kemudian meningkat lagi di siklus II 94,44%. (3) hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I mendapatkan persentase sebesar (66,67%), meningkat pada siklus II sebesar (94,44%). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 01 Keben dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media kokopi dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar pada materi subtema keragaman suku bangsa dan agama di Indonesia kelas IV SD Negeri 01 Keben. Penelitian menyarankan supaya guru lebih inovatif dalam melakukan pembelajaran dengan berbagai model dan media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S. Pd., M. Pd. Pembimbing 2 Erik Aditia Ismaya, S. Pd., M.A. |
Kata Kunci: | Circuit Learning, Kokopi, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 02:40 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 02:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12689 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |