ARTANTI, MELYA (2019) Peningkatan pemahaman konsep matematika melalui penerapan model pembelajaran course review horay berbantuan media roulette soal pada siswa kelas v sd 3 hadipolo. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version Download (178kB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (201kB) | Preview |
![]() |
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (516kB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (180kB) | Preview |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN NEW.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa melalui model Course Review Horay (CRH) yang berbantuan media roulette soal. Model CRH dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran yang lebih nyata dan mampu memahami konsep sesuai materi. Sedangkan dengan adanya bantuan roulette soal siswa dapat melakukan pembelajaran secara lebih paham dan mampu memberikan pengalaman yang menarik dalam belajar. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini terdapat dua siklus dengan dua pertemuan dalam masing-masing siklus tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD 3 Hadipolo dan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas menggunakan expert judgment dari beberapa ahli dalam bidangnya lalu diujikan menggunakan product moment. Pada reliabilitas menggunakan rumus alpha. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan persentase ketuntasan 76,67% dengan kriteria kurang pada siklus I, sedangkan siklus II sebesar 83,33% dengan kriteria baik (2) persentase keterampilan mengajar guru siklus I sebesar 79% dengan kriteria baik, sedangkan siklus II 81% dengan kriteria sangat baik (3) aktivitas siswa mengalami persentase klasikal yang sama yaitu 81,03% tetapi dalam setiap pertemuan nilai persentasenya berbeda. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Course Review Horay yang berbantuan media roulette soal dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, keterampilan mengajar guru dan aktivitas siswa. Peneliti menyarankan pada saat pembelajaran sebaiknya menggunakan model Course Review Horay yang didukung oleh media roulette soal, karena siswa dapat lebih tertarik mengikuti pembelajaran matematika. Selain itu dapat dilakukan dengan cara mengaitkan benda abstrak yang disekeliling dalam kehidupan sehari-hari
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd, Pembimbing 2 Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd |
Kata Kunci: | Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Course Review Horay, Media Roulette Soal. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:22 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |