LESTARI, TRI DEPI (2019) Peningkatan hasil belajar melalui model course review horay berbantuan kartu soal tema 7 indahnya keragaman di negeriku kelas iv sdn sumbersoko 01. Update Test thesis, UMK.
Preview |
PDF (Hal Depan)
hal. judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
PDF (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version Download (246kB) | Preview |
PDF (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (420kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (311kB) | Preview |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (13MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Course Review Horay berbantuan kartu soal dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada muatan IPS dan Bahasa Indonesiakelas IV SDN Sumbersoko 01. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang yang di dapat setelah terjadinya proses pembelajaran. Course Review Horay adalah salah satu model pembelajaran yang kooperatif dan menyenangkan.Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah penggunaan model Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru kelas IV SDN Sumbersoko 01. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SDN Sumbersoko 01 dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Course Review Horayberbantuan media ular kartu soal. Sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar dan keterampilan guru. Instrumen penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa muatan IPS meningkat cukup signifikan antara siklus I (61%) dan siklus II (86%). Muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan pada siklus I sebesar (68%) dan siklus II (93%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 54% (perlu bimbingan) menjadi 79% (baik) siklus II. Muatan Bahasa Indonesia siklus I 57% (perlu bimbingan) menjadi 82% (Baik). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 78% (baik) menjadi 91% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN Sumbersoko 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan model Course Review Horay berbantuan media kartu soal dapat meningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Peneliti memberikan saran agar model Course Review Horay dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan media pebelajaran sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah menyerap materi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd Pembimbing 2 Ristiyani, M.Pd. |
Kata Kunci: | Course Review Horay, Media Kartu Soal, Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 03:33 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 03:33 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12691 |
Actions (login required)
View Item |