Wanabuliandari, Savitri and Ardianti, Sekar Dwi and Rahardjo, Susilo (2016) Implementasi Model EJAS Berbasis Mathematic Edutainment untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Perilaku Kepedulian terhadap Lingkungan. EduMa: Mathematics education learning and teaching, 5 (2). pp. 34-40. ISSN 2086-3918
Preview |
Image
sinta_0009.jpg Download (10MB) | Preview |
Preview |
Text
implementasi model ejas.pdf Download (20MB) | Preview |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment dan (2) untuk mengetahui peningkatan perilaku kepedulian lingkungan pada peserta didik melalui model EJAS berbasis mathematic edutainment. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental design. Desain penelitian yang digunakan one group pre test-post test. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis didapatkan (1) terjadi peningkatan prestasi belajar dengan tingkat peningkatan rendah sebesar 0%, sedang 14,29% dan tinggi 85,71%. Secara klasikal diperoleh nilai normalized gain (g) sebesar 90% atau 0,9 yang berarti tafsiran peningkatan prestasi belajar termasuk kategori tinggi (2) terjadi peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan dengan skor peningkatan rendah sebesar 0%, sedang sebesar 42,86% dan tinggi sebesar 57,14%. Berdasarkan nilai normalized gain (g) secara klasikal diperoleh sebesar 73% atau 0,73 yang berarti tafsiran peningkatan perilaku kepedulian terhadap lingkungan yang terjadi termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | EJAS, Mathematic Edutainment, Peduli Lingkungan, Prestasi Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Terbitan Berseri. Komunitas Pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | UPT Perpustakaan UMK |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 04:09 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 04:09 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12700 |
Actions (login required)
View Item |