PENGUATAN PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER SIFAT KOMUTATIF, ASOSIATIF, DAN DISTRIBUTIF OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS VI SD 2 DAN 3 TEMULUS, MEJOBO, KUDUS

Rohman, Rohman (2019) PENGUATAN PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER SIFAT KOMUTATIF, ASOSIATIF, DAN DISTRIBUTIF OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS VI SD 2 DAN 3 TEMULUS, MEJOBO, KUDUS. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
1. Halaman Judul.pdf - Accepted Version

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
2. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan kondisi pembelajaran; (2) menentukan strategi penguatan; dan (3) menjelaskan hasil penguatan penerapan nilai-nilai karakter pada sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi hitung bilangan cacah terhadap aspek afektif siswa kelas VI SD 2 dan 3 Temulus, Mejobo, Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan di 2 lokasi, di SD 2 dan 3 Temulus, Mejobo, Kudus. Rancangan penelitian ini akan menggunakan rancangan penelitian studi multikasus. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kasus individu dan analisis data lintas kasus. Keabsahan data penelitian akan diuji dengan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini adalah (1) kondisi pembelajaran dalam penguatan penerapan nilai-nilai karakter pada sifat komutatif, asosiatif, dan distributif operasi hitung bilangan cacah secara umum sudah baik. Suasana belajar lebih dinamis dan siswa menunjukkan minat dan motivasi untuk memahami nilai-nilai karakter operasi hitung bilangan cacah; (2) strategi penguatan penerapan nilai-nilai karakter meliputi pemetaan nilai-nilai karakter, penyusunan strategi pembelajaran, pembiasaan nilai-nilai karakter, dan guru sebagai teladan dalam mengamalkan nilai-nilai karakter; dan (3) hasil penguatan penerapan nilai-nilai karakter menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman terhadap nilai-nilai karakter yang dimunculkan. Meskipun demikian, hasil tersebut perlu dipertahankan dengan pengamalan dan pembiasaan yang dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Saran yang dapat disampaikan adalah hasil penelitian ini dapat memperkaya 18 nilai pendidikan karakter dan selanjutnya dapat dikembangkan pada mata pelajaran lain sebagai masukan bagi pihak sekolah dalam menyusun strategi pembelajaran pendidikan karakter dan penerapan budaya sekolah. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi guru untuk mengembangkan pendidikan budaya dan karakter bangsa pada pembelajaran matematika di sekolah. Siswa diharapkan dapat lebih memperhatikan dan mengambil nilai-nilai karakter untuk diterapkan di kehidupan sehari-hari. Peneliti perlu memperdalam dan memperluas kajian untuk menambah pengalaman ilmiah dan pendidikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M. Pd. Pembimbing 2 Dr. Su’ad, M. Pd.
Kata Kunci: pendidikan karakter, nilai-nilai karakter, bilangan cacah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:41
Last Modified: 14 Oct 2020 02:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item