Penerapan model numbered head together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia kelas iv sd 1 undaan tengah

KUSUMAWARDANI, LARASATI (2019) Penerapan model numbered head together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa subtema pemanfaatan kekayaan alam di indonesia kelas iv sd 1 undaan tengah. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal.Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (186kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Hasil belajar adalah sebuah perubahan tingkah laku seseorang setelah melakukan proses belajar yang mencakup aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Numbered Head Together merupakan suatu model pembelajaran berkelompok yang setiap anggota kelompoknya bertanggung jawab atas tugas kelompoknya. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dan peningkatan keterampilan guru dalam mengajar siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SD 1 Undaan Tengah dengan subjek penelitian 20 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Numbered Head Together, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar. Instrumen penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media roda putar dapat meningkat pada tiap siklus. Persentase keterampilan guru siklus I rata-rata klasikal yakni 76,7% (baik), kemudian meningkat pada siklus II dengan persentase 83,1% (baik). Hasil belajar siswa ranah sikap dari siklus I sebesar 77,8% (baik), meningkat sebesar 81% (baik) pada siklus II. Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, pada prasiklus muatan PPKn memperoleh 40% menjadi 70% pada siklus I, meningkat pada siklus II sebesar 95%. Hasil belajar siswa pada ranah pengetahuan, pada prasiklus muatan Bahasa Indonesia memperoleh 40% menjadi 35% pada siklus I, meningkat pada siklus II sebesar 75%. Hasil belajar siswa ranah keterampilan, dari siklus I sebesar 79% (baik) meningkat sebesar 82% (baik) pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media roda putar mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan pada siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah. Peneliti menyarankan, guru hendaknya menggunakan model dan media pembelajaran yang inovatif salah satunya dengan model pembelajaran Numbered Head Together dan media roda putar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pemibmbing 1 Santoso,S.Pd.,M.Pd., Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Numbered Head Together, Hasil Belajar, Media roda putar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 02:53
Last Modified: 14 Oct 2020 02:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item