Peningkatan kreativitas siswa melalui model contextual teaching and learning berbantuan Media pop-up book pada tema 8 kelas v sd 2 hadipolo

ARIYANTI, DEVI (2019) Peningkatan kreativitas siswa melalui model contextual teaching and learning berbantuan Media pop-up book pada tema 8 kelas v sd 2 hadipolo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (538kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (20MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran yang monoton hanya mengutamakan penguasaan konsep dan belum menerapkan model pembejaran yang ditunjang dengan penggunaan media pembelajaran menyebabkan rendahnya kreativitas siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi di SDN 2 Hadipolo siswa cenderung pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan guru dan kreativitas siswa menggunakan model CTL (Contextual Teaching and Learning) berbantuan media pop up book pada tema lingkungan sahabat kita muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Contextual Teaching and Learning merupakan model pembelajaran konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pop-up Book merupakan bentuk menarik dari seni kertas yang membentuk struktur tiga dimensi saat dibuka dan struktur dua dimensi ketika ditutup. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Hadipolo Kudus dengan subjek penelitian 29 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 kali pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam pembelajaran. Keterampilan guru pada siklus I memperoleh rata-rata keberhasilan sebesar 85,42% (baik), pada siklus II sebesar 91,25 (sangat baik). Kreativitas siswa dalam aspek berpikir kreatif pada siklus I sebesar 78,58% (cukup), siklus II sebesar 86,64% (baik), aspek sikap kreatif pada siklus I sebesar 82,65% (cukup), siklus II sebesar 87,28% (baik),aspek keterampilan siklus I sebesar 80,89% (cukup), siklus II sebesar 87,36% (baik) dan hasil tes evaluasi siklus I sebesar 77,79% (cukup),siklus II sebesar 86,21% (baik). Hasil tersebut menunjukkan peningkatan kreativitas siswa dengan rata-rata siklus I sebesar 79,97% (cukup), siklus II sebesar 86,87 (baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Hadipolo dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbantuan media pop up book dapat meningkatkan keterampilan guru, dan kreativitas siswa dalam pembelajaran. Kelebihannya mampu menggelola kelas dengan baik sehingga siswa berani dalam berkreasi dan berpendapat, sedangkan kelemahannya kurangnya pemberian motivasi selama pembelajaran sehingga siswa belum mampu bekerjasama secara baik dengan anggota kelompoknya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie,S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kreativitas, Contextual Teaching and Learning (CTL), Pop Up Book
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:01
Last Modified: 14 Oct 2020 03:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12706

Actions (login required)

View Item View Item