Penerapan model think pair share berbantuan modul dokar terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa kelas iv sdn sidoluhur 01

FITRIANI, JENIA INDAH (2019) Penerapan model think pair share berbantuan modul dokar terhadap kemampuan berpikir kritis Siswa kelas iv sdn sidoluhur 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Think Pair Share (TPS) berbantuan modul dokar pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan IPA dan Bahasa Indonesia Kelas IV SDN Sidoluhur 01, dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta aktivitas siswa. Permasalahan yang mendasari penelitian ini berkaitan dengan kemampuan berpikir kritis dan aktivitas siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa hanya 36,84% yang tuntas dengan rata-rata 62. Aktivitas siswa hanya mendapatkan rata-rata 75 dengan predikat C yang artinya cukup baik. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu dengan bentuk one group pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SDN Sidoluhur 01. Variabel bebas yang digunakan yaitu model Think Pair Share (TPS), sedangkan variabel terikatnya kemampuan berpikir kritis siswa. sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampe dilakukan dengan cara purposive sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik yang berupa uji N-gain serta analisis kuantitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil, penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan modul dokar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Adanya peningkatan yang signifikan rata-rata nilai pretest dan posttest dari hasil uji N gain diperoleh hasil 0,34 pada indikator 1 dengan kategori sedang dan pada indikator 2 sampai 5 dalam kategori rendah. Pembelajaran TPS berbantuan modul dokar menjadikan aktivitas siswa menjadi meningkat dengan rata-rata nilai pada pertemuan 1 mendapatkan nilai 81,37 menjadi 86,64 pada pertemuan 2 sehingga menjadikan rata-rata pada pertemuan 1 dan 2 mencapai 84 dengan predikat B atau baik. Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Think Pair Share (TPS) berbantuan modul dokar pada kelas IV SDN Sidoluhur 01 dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas siswa. Sehingga guru dapat menggunakan model Think Pair Share berbantuan modul dokar sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, M.Pd Pembimbing 2 Ristiyani, M.Pd.
Kata Kunci: Think Pair Share, Modul Dokar, Berpikir Kritis, Aktivitas Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:17
Last Modified: 14 Oct 2020 03:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item