Penerapan model numbered head together (nht)berbantuan media roda berputar untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir kritis siswa Sekolah dasar

AMANAH, DENA AINUN (2019) Penerapan model numbered head together (nht)berbantuan media roda berputar untuk Meningkatkan keterampilan Berpikir kritis siswa Sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (551kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (202kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (502kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berbantuan media Model NHT merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis dan aktivitas belajar siswa. Model NHT memiliki 7 langkah yaitu membagi kelompok, diskusi kelompok,mendiskusikan jawaban yang benar, memanggil nomor, melaporkan hasil kelompok, menanggapi jawaban kelompok lain, kesimpulan.Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir secara mendalam dan mampu menyatakan pendapat dari pemikirannya. Penelitian ini menggunakan media roda berputar. Media roda berputar merupakan media pembelajaran yang dibuat dengan cara memutar roda panah. Didalam media roda berputar terdapat soal-soal yang berkaitan dengan materi. Materi dalam penelitian ini yaitu tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku muatan IPS dan Bahasa Indonesia, materi yang dikaji dalam penelitian ini adalah keragaman budaya Indonesia. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together berbantuan media roda berputar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IV SD 3 Mejobo dengan subyek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas dari Kemmis dan Me. Taggart. Tahapan pada penelitian tindakan ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah model Numbered Head Together dan media Roda Berputar, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan guru pada siklus I mendapat skor rata-rata 3,02 (baik) dan meningkat pada siklus II dengan skor rata-rata 3,36 (sangat baik), dengan peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I di peroleh presentase 75% (baik) dan meningkat pada siklus II dengan persentase 84% (sangat baik) peningkatan keterampilan berpikir kritis juga meningkat pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76 dan meningkat pada siklus II yakni memperoleh nilai rata-rata 85. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 3 Mejobo dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritisa siswa sekolah dasar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Khamdun, S.Pd. M,Pd. Pembimbing 2 Santoso, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Model NHT, Media Roda Berputar, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:38
Last Modified: 14 Oct 2020 03:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12711

Actions (login required)

View Item View Item