Penerapan model treffinger berbantuan Puzzle pentomino untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif matematis Materi bangun datar kelas iv sekolah dasar

LUTFIAH, IZAZI (2019) Penerapan model treffinger berbantuan Puzzle pentomino untuk meningkatkan Kemampuan berpikir kreatif matematis Materi bangun datar kelas iv sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (436kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang tidak disukai oleh sebagian siswa SDN 1 Gemiringlor. Akibatnya siswa kesulitan mengerjakan soal yang disajikan guru sehingga siswa tidak dapat mengerjakan soal evaluasi dengan lancar dan kreatif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui penerapan model Treffinger berbantuan Puzzle Pentomino, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matemtaika materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang kelas IV SDN 1 Gemiringlor. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SDN 1 Gemiringlor peneliti sebagai guru dengan subjek siswa kelas IV berjumlah 18 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebasnya adalah model Treffinger berbantuan media puzzle pentomino, sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis. Instrumen penelitian ini menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada mata pelajaran matematika pada siklus I memperoleh rata-rata 69 dengan presentase ketuntasan klasikal mencapai 61% kriteria kurang baik, dan mengalami peningkatan pada siklus IIdengan rata-rata 83 mencapai persentase ketuntasan klasikal83% kriteria baik. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 73% kriteriaC (cukup), pada siklus II meningkat memperoleh rata-rata 85% kriteria B (baik). Keterampilan guru juga mengalami peningkatan pada siklus I memperoleh rata-rata 71% kriteria C (cukup), pada siklus II meningkat memperoleh rata-rata 82% kriteria B (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas IV SDN 1 Gemiringlor dapat disimpulkan bahwa penerapan model Treffinger berbantuan Puzzle Pentomino dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran matematika materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Jayanti Purwaningrum, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Treffinger, Puzzle Pentomino, kemampuan berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Oct 2020 04:38
Last Modified: 14 Oct 2020 04:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12716

Actions (login required)

View Item View Item