Penerapan model group investigation berbantuan media lingkaran putar untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada tema 8 kelas iv Sd 4 muryolobo jepara

NUGROHO, ALVIAN ADI (2019) Penerapan model group investigation berbantuan media lingkaran putar untuk meningkatkan hasil Belajar siswa pada tema 8 kelas iv Sd 4 muryolobo jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (38MB) | Request a copy

Abstrak

Peneliti ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Group Investigation dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn dan IPS berbantuan media lingkaran putar kelas IV SD 4 Muryolobo. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Group Investigation adalah suatu model pembelajaran yang lebih menekankan pada pilihan dan kontrol siswa dari pada menetapkan teknik-teknik pengajran di ruang kelas. Penelitian tindakan kelas ini telah dilaksanakan di kelas IV SD 4 Muryolobo Jepara dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini berlangsung secara dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I memperoleh persentase 69% dalam kategori sedang/cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 81% kategori tinggi/baik. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I memperoleh persentase keberhasilan 62,5% kategori sedang/cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 81% kategori tinggi/baik. Kemampuan peserta didik tema 8 daerah tempat tinggalku muatan PPKn siklus I memperoleh persentase 56% dengan 9 peserta didik yang termasuk kategori tuntas, sedangkan untuk muatan IPS memperoleh persentase 66% dengan 10 peserta didik yang termasuk kategori tuntas. Pada siklus II mengalami peningkatan untuk muatan PPKn memperoleh persentase 81% dengan peserta didik yang termasuk kategori tuntas yaitu 14, sedangkan untuk muatan IPS meningkat dengan persentase 81% dengan peserta didik yang termasuk kategori tuntas yaitu 14. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 4 Muryolobo dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, serta mampu meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran tema 8 daerah tempat tinggalku muatan PPKn dan IPS berbantuan media lingkaran putar pada siswa kelas IV SD 4 Muryolobo.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie S.Pd, M.Pd. Pembimbing 2 Santoso, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Group Investigation, Media Lingkaran Putar, Hasil Belajar, Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn dan IPS.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2020 02:54
Last Modified: 20 Oct 2020 02:54
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12719

Actions (login required)

View Item View Item