Penerapan model two stay two stray berbantuan tabel rahasia untuk peningkatan berpikir kritis

UMMAH, ROHMATUL (2019) Penerapan model two stay two stray berbantuan tabel rahasia untuk peningkatan berpikir kritis. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (742kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (477kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran melalui model Two Stay Two Stray berbantuan media tabel rahasia pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku kelas IV SD 1 Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Berpikir kritis adalah cara berpikir seseorang yang lebih mandiri dan mendalam dengan menganalisis, mengkaji sebuah gagasan yang melibatkan banyak pengetahuan dan melakukan penalaran serta pembuktian atas gagasan tersebut. Model TSTS merupakan model pembelajaran berkelompok yang saling berdiskusi kemudian dua orang bertamu ke kelompok lain dan dua orang bertugas menerima tamu.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Penerapan model Two Stay Two Stray dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV pada tema 8 di SD 1 Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SD 1 Bandungrejo, dengan subjek penelitian 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Berpikir Kritis siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model Two Stay Two Stray dan media tabel rahasia. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan berpikir kritis siswa pada siklus I muatan Bahasa Indonesia mencapai nilai rata-rata 69.7 dan muatan PPKn mencapai 69.4. Siklus II mengalami peningkatan dengan mencapai nilai rata-rata muatan Bahasa Indonesia sebesar 80.7 dan muatan PPKn mencapai 80.1. Selain itu keterampilan guru mengajar juga mengalami peningkatan dengan skor 36 dengan presentase 64,28% pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II mencapai skor 46 dengan presentase 82,14%. hal ini membuktikan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray berbantuan media tabel rahasia dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV SD 1 Bandungrejo Kalinyamatan Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Bandungrejo Kalinyamatan Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model Two Stay Two Stray berbantuan media tabel rahasia dapat meningkatkan berpikir kritis siswa kelas IV SD 1 Bandungrejo Kalinyamatan Jepara pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model Two Stay two Stray berbantuanmedia tabel rahasia guru lebih trampil dan inovatif dalam meningkatkan semangat antusias, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Drs. Moh. Kanzunnudin, M.Pd. Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Two Stay Two Stray, Media Tabel Rahasia, Berpikir Kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:19
Last Modified: 20 Oct 2020 03:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item